Share

Opor Ayam Berkuah Legit untuk Hari Raya, Ini Tips Memasaknya

Koran SINDO, Jurnalis · Kamis 07 Juni 2018 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 07 298 1907664 opor-ayam-berkuah-legit-untuk-hari-raya-ini-tips-memasaknya-njm6B1HKVi.jpg Foto: Istimewa
A A A

OPOR ayam merupakan salah satu menu wajib saat Lebaran. Tak ingin menyajikan opor ayam yang biasa-biasa saja? Tambahan bahan dan resep, serta tips berikut ini bisa jadi inspirasi Anda.

Opor ayam yang berkuah legit, begitu pas dinikmati bersama potongan ketupat. Pelengkapnya adalah sambal dan kerupuk kulit. Inspirasi pelengkap opor ayam ditambah dengan pendamping kerupuk kulit bisa membuat sajian jadi beda, seperti menu yang ada pada pop chicken confit di restoran.

Bumbu untuk kuah masih sama, seperti halnya ketika memasak opor yang menambahkan kunyit dan kuah santan. Pop chicken confit dengan tambahan kerupuk kulit tampak spesial dihidangkan di meja makan. Pop chicken confit yang kuahnya cukup kental juga terasa bumbu rempahnya. Tambahan kerupuk kulit membawa tekstur tersendiri saat menyantap menu ini bersama ketupat.

Selain tambahan kerupuk kulit, opor ayam juga semakin istimewa bila diperhatikan dari segi pengolahannya. Seorang kepala juru masak restoran termana di Indonesia, Dede Mulyana, memberikan tips seputar mengolah ayam agar hasilnya lebih enak.

Opor ayam (lets.bakencook/ig)

[Baca Juga: Resep Opor Ayam Maknyus untuk Hidangan Lebaran]

“Pertama sekali, ayam harus diperhatikan kebersihannya karena ayam negeri juga banyak jenisnya. Ada yang empuk, ada yang alot. Saran saya cari yang betul-betul agak kenyal teksturnya jika dipegang, dagingnya juga agak basah sehingga ayamnya nanti juicy saat diolah,” kata Chef Dede.

Kemampuan untuk memilih ayam negeri yang baik menjadi syarat utama agar opor nantinya istimewa. Ciri lainnya ayam yang baik untuk diproses adalah pilih yang bentuknya agak bulat, jangan yang panjang.

Sebab ayam yang bentuknya bulat itu betina, biasanya dagingnya juga akan lebih empuk. Adapun bahan dasar untuk memarinasi ayam sebelum diolah, cukup dengan garam, lada, jahe, dan kunyit. Kunyit ditambahkan untuk menghilangkan racun dan bisa berfungsi sebagai antiseptik. Untuk marinasi ayam ini sudah meresap bumbu jika didiamkan selama 1 jam. Agar mendapat kerenyahan sebelum diolah menjadi opor, olahan ayam dimarinasi terlebih dahulu, lalu digoreng setengah matang atau tidak terlalu kering.

[Baca Juga: Hidangan Khas Padang yang Bisa Bikin Kamu Lahap saat Lebaran!]

Kemudian, tumis bumbu dasar halus untuk opor, tuangkan dengan santan. Masak dan masukkan ayam yang telah dimarinasi dan digoreng tadi. Terakhir jangan lupa tambahkan taburan bawang merah goreng dan kerupuk kulit sebagai pelengkap akhir. Opor ayam istimewa pun siap tersedia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(abp)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini