Share

Simpel Banget, 5 Hidangan Lezat Ini Cukup Diolah Pakai Rice Cooker

Dimas Andhika Fikri, Okezone · Kamis 07 Juni 2018 12:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 07 298 1907689 simpel-banget-5-hidangan-lezat-ini-cukup-diolah-pakai-rice-cooker-JHayjJ8UVv.jpg
A A A

DILIHAT dari fungsi dasarnya, rice cooker diketahui sebagai salah satu peralatan dapur yang digunakan untuk menanak nasi.

Mengingat peralatan ini terbilang modern, cara kerjanya pun sangat praktis dan sederhana. Cukup rebus beras dengan tambahan beberapa gelas air putih, rice cooker kemudian akan memasaknya secara otomatis hingga beras benar-benar berubah jadi olahan nasi yang matang sempurna.

Namun ternyata fungsi rice cooker jauh lebih bermanfaat daripada yang kita bayangkan sebelumnya. Alat ini bisa digunakan untuk membuat berbagai macam hidangan lezat dengan teknik pengolahan yang praktis dan sederhana.

Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (7/6/2018), berikut 5 jenis makanan selain nasi yang dapat dimasak menggunakan rice cooker.

Bubur

Untuk membuat bubur dengan rice cooker sebetulnya tidak jauh berbeda dengan memasak nasi. Anda hanya perlu menambahkan takaran airnya. Gunakanlah perbandingan 1:4, atau dengan kata lain, jika beras yang digunakan sebanyak 1 gelas maka Anda harus menambahkan 4 gelas air putih.

(Baca Juga: Sejarah Rice Cooker yang Jarang Diketahui Orang)


Masaklah hingga tekstur beras menjadi lembek seperti bubur. Agar rasaya semakin nikmat, tambahkan sedikit garam. Sebagai pelengkap jangan lupa sediakan suwiran ayam, bawang goreng, kerupuk, dan kecap manis.

Bibimbap

Nah buat para pencinta budaya K-pop, tentu sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Bibimpap merupakan nasi campur ala Korea yang terdiri dari beberapa lauk seperti telur, kimchi, potongan sayur, dan daging asap.

(Baca Juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat)


Uniknya, bibimbap juga dapat diolah dengan menggunakan rice cooker. Cukup tuangkan beberapa butir telur di atas nasi yang sudah diberi campuran kecap dan minyak wijen, lalu tutup rice cookcer. Setelah itu, tambahkanlah saus pedas, dan bahan-bahan yang telah disebutkan di atas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Nasi Goreng

Buat anak kos yang mau mengirit namun masih ingin menyantap hidangan lezat, bikin saja nasi goreng khas Indonesia dengan rice cooker. Proses pembuatannya tidak jauh berebeda dengan bibimbap. Setelah nasi matang, pindahkan ke wadah berbeda.

Masukkan sedikit margarin, tunggu sampai meleleh, lalu tambahkan bumbu nasi goreng ke dalam rice cooker. Kemudian campurkan dengan nasi putih dan aduk hingga rata. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa membuat telur mata sapi atau telur dadar menggunakan rice cooker.

Pancake

Membuat pancake dengan rice cooker ternyata tidak serumit yang dibayangkan. Anda hanya perlu menuangkan adonan pancake ke dalam panci nasi, aktifkan mode memasak, dan biarkan rice cooker bekerja seperti biasanya. Setelah matang, tambahkan potongan buah, kacang, sirup maple, atau bahan makanan lainnnya sebagai pelengkap.

(Baca Juga: Cara Bikin Pancake Pakai Rice Cooker, Tapi Jangan Kaget dengan Hasilnya)


Makaroni dan Keju

Rebuslah makaroni dalam panci penanak nasi. Pastikan makaroni matang secara merata dan tidak terlalu lembek. Anda juga bisa menambahkan sedikit garam agar teksturnya tidak lengket. Tiriskan. Masaklah bahan-bahan lain dalam panci rice cooker, seperti melelehkan mentega, tambahkan tepung terigu, susu dan mustard.

Aduk sampai mengental, lalu tuangkan telur pada adonan secara perlahan, tambahkan garam dan bumbu penyedap. Lalu masukkan makaroni dan parutan keju di atasnya. Masak selama kurang lebih 20-25 menit. Voila!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini