Share

20 Ribu Wisatawan Bakal Semarakkan Festival Toboali City On Fire III

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 08 Juni 2018 02:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 08 406 1908046 20-ribu-wisatawan-bakal-semarakkan-festival-toboali-city-on-fire-iii-VP1X1q6eKU.jpg

KABUPATEN Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung (Babel) kembali menggelar acara unggulan, Toboali City On Fire (TCOF) Season III yang akan diselenggarakan di Toboali, Bangka Selatan pada 27-29 Juli 2018.

Sebagai salah satu festival budaya terbesar di Pulau Bangka, ada setidaknya 16 acara utama yang berlangsung selama tiga hari. Melihat prospek acara tingkat nasional tersebut, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya langsung mengapresiasi pelaksaan TCOF Season III dengan melakukan pembukaan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat.

TCOF Season III merupakan salah satu di antara 24 event unggulan pariwisata daerah Provinsi Babel yang digelar selama satu tahun di 2018. Acara ini bisa tumbuh dan berkembang pesat lantaran destinasi pariwisata Babel yang cukup banyak.

Prospek ini membuat Kemenpar tertarik untuk memasukkan TCOF Season III ke dalam 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia.

"Di antara provinsi lain di Indonesia, event pariwisata yang dimiliki Provinsi Babel cukup banyak. Dalam satu bulan wisatawan minimal bisa menikmati dua event unggulan. Dari 24 event itu, dua diantaranya masuk dalam 100 Calendar of Event (CoE) Wonderful Indonesia," tegas Arief Yahya, saat dijumpai Okezone di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Kamis (7/6/2018).

(Baca Juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat)


Arief Yahya menilai kemajuan pariwisata di Indonesia sangat terkait dengan unsur 3A (Atraksi, Amenitas dan Aksesibilitas). Menurutnya Babel sangat serius dalam mengusahakan kemajuan tiga unsur pendukung pariwisata tersebut.

"Selain itu yang paling penting, kemajuan pariwisata di daerah sangat ditentukan oleh keseriusan pucuk pimpinan sebagai CEO. Keberhasilan dalam mengembangkan sektor pariwisata 50% sangat tergantung dari CEO Commitment tersebut," imbuhnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sementara itu, Gubenur Bangka Belitung Erzaldi Rusman mengatakan Provinsi Babel sangat beruntung karena memiliki dua event daerah yang masuk dalam Calendar of Event (CoE) WI 2018.

Adapun dua acara tersebut adalah Bangka Cultural Wave Festival (Coming Home Celebration) yang telah berlangsung di Sungailiat pada 25 Maret - 5 April 2018. Sementara Festival Tanjung Kelayang akan diselenggarakan pada 15-19 November 2018.

"Festival yang mendapat dukungan penuh dari Kemenpar ini dalam rangka mempromosikan Tanjung Kelayang ditetapkan sebagai satu di antara 10 Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP) untuk dikembangkan sebagai 'Bali Baru'," ungkap Erzaldi Rusman.

Gubenur menjelaskan Babel merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki potensi pariwisata yang berlimpah. Posisinya yang strategis yang dekat dengan pasar besar yakni Jakarta dan Singapura. Selain itu sumber daya di Babel sangat memadai untuk kemajuan pariwisata.

(Baca Juga: Ternyata Bedak Ini yang Jadi Rahasia Cantik Mulan Jameela Setiap Kali Dandan!)

"Kemajuan pariwisata di Babel berkembang cukup pesat. Kunjungan wisatawan 2017 yang lalu sebanyak 6.417 wisman dan 324.189 wisnus dengan kenaikan rata-rata di atas 20%," tambahnya.

Tak hanya Erzaldi Rusman, Bupati Bangka Selatan, Justian Noer, memprediksi akan ada lebih dari 20 ribu wisatawan yang datang selama tiga hari berlangsungnya festival budaya TCOF Season III. Tentunya acara ini bisa dapat menggerakan ekonomi masyarakat setempat. “Kami proyeksikan selama tiga hari pelaksanaan festival, nilai transaksi yang diperoleh para usaha mikro dan UKM di bidang Kuliner dan oleh-oleh mencapai Rp 360 juta,” tegas Noer.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini