Share

Terjebak Macet saat Mudik? Cara Ini Bisa Bantu Usir Stres

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 13 Juni 2018 11:05 WIB
$detail['images_title']
Stres Macet (Jammediaone)

TERJEBAK di tengah kemacetan memang bukan suatu kondisi yang menyenangkan. Malah hal itu dapat membuat seseorang merasa stres dan kesal. Bagi para pemudik, tentu berada di tengah kemacetan saat pulang menuju ke kampung halaman bukan hal yang asing.

Sejumlah ruas jalan kini sudah mulai mengalami kemacetan. Mulai dari yang sedang hingga parah. Terlebih hari ini diprediksi sebagai puncak arus mudik sehingga kemungkinan besar kemacetan tak terhindarkan.

Baca juga: Hadapi Lebaran, Ini Cara Mudik Band Pelantun Lagu Terlatih Patah Hati

Bagi Anda yang sedang terjebak kemacetan, daripada merasa kesal lebih baik Anda melakukan kegiatan yang berdampak positif. Melansir News18, Rabu (13/6/2018), inilah 5 aktivitas yang bisa dijadikan pilihan agar tidak merusak suasana hati:

Macet

1. Menelepon orangtua

Banyak orang yang pulang ke kampung halaman menjelang hari raya karena ingin bersilaturahmi dengan kerabat yang sudah tidak lama dijumpai termasuk orangtua. Saat terjebak kemacetan, tidak ada salahnya untuk menelepon orangtua yang mungkin sudah menunggu kedatangan Anda. Berbicara dengan orangtua bisa membantu mengatasi stres saat macet. Terlebih bagi Anda yang sehari-harinya jarang menelepon orangtua karena kesibukan. Tapi ingat, selalu waspada terhadap kondisi jalan. Jangan sampai karena Anda terlalu asyik berbicara di telepon malah tidak memerhatikan keadaan sekitar.


2. Membaca

Dalam setiap perjalanan, Anda bisa membawa beberapa buku atau bacaan. Selagi macet, Anda bisa meluangkan waktu untuk membacanya. Aktivitas ini mungkin sering tidak sempat dilakukan karena kesibukan. Dengan membaca, Anda mendapatkan dua manfaat sekaligus yaitu menambah pengetahuan baru dan menghilangkan stres.

Baca juga: Pramugari Bocorkan Kelakuan Penumpang yang Berhubungan Intim di Pesawat

Macet

3. Menyelesaikan teka-teki silang

Bagi Anda yang tidak senang membaca, mengisi teka-teki silang juga bisa menjadi pilihan. Cara ini terbilang ampuh untuk menghilangkan stres. Terlebih ada penelitian yang mengungkapkan bila mengisi teka-teki silang dapat mengurangi risiko terkena Alzheimer karena terus mengasah otak.


4. Membersihkan mobil

Debu yang ada di jalanan tentu dapat membuat mobil Anda kotor. Pada mobil-mobil yang berwarna cerah, debu dapat membuat penampilan mobil kurang oke. Apabila macet membuat mobil Anda terpaksa diam sejenak, Anda bisa keluar sebentar untuk membersihkan body mobil dari debu.

Baca juga: Pemudik, Tahukah Kamu Makna Mudik Sebenarnya?

5. Meditasi

Walaupun terdengar cukup aneh, meditasi bisa menjadi pilihan bila Anda enggan melakukan apapun selama terjebak kemacetan. Tidak perlu melakukan meditasi yang rumit, Anda cukup memejamkan mata sejenak sambil menarik napas perlahan. Cara ini bisa membuat energi negatif termasuk rasa stres pergi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)