Share

Produk Mahal Tak Selalu Baik, Ini 2 Kesalahan Umum dalam Perawatan Kulit

Tiara Putri, Jurnalis · Sabtu 16 Juni 2018 11:59 WIB
$detail['images_title']
Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BAGI sejumlah wanita yang ingin tampil awet muda, menggunakan serangkaian produk perawatan kecantikan adalah hal yang lazim. Mulai dari serum, krim, pelembap, dan yang lainnya. Akan tetapi, bila semuanya itu tidak diaplikasikan dengan baik, maka hasilnya malah sia-sia.

Melansir Independent, sebenarnya banyak orang yang tidak tahu produk yang dibutuhkan kulitnya. Dengan begitu, rutinitas perawatan kulit bisa berbahaya daripada membantu. Menurut ahli dermatologi, ada satu produk yang benar-benar tidak boleh terlewati untuk digunakan yaitu tabir surya.

Tabir surya merupakan bagian penting dari rutinitas perawatan kulit yang efektif. Seorang dokter kulit bernama Dr Meghan Feely, MD, menjelaskan tabir surya tidak hanya melindungi kulit dari radiasi ultraviolet berbahaya tapi juga bisa mencegah penuaan. “Tabir surya perlu digunakan setiap 2 jam sekali. Termasuk pada saat cuaca mendung,” ungkapnya.

Baca Juga: 8 Cara Tingkatkan Kualitas Tidur, Jangan Dirapel di Akhir Pekan

Sementara itu, dokter kulit lainnya yaitu Dr Lauren Eckert Ploch, MD, MEd, FAAD menyatakan kesalahan penggunaan produk perawatan kulit terbesar adalah tidak memakai produk tabir surya setidaknya SPF 30 setiap hari. “Sinar UV tidak hanya menyebabkan bintik-bintik hitam, tetapi juga menyebabkan degradasi jaringan elastis di kulit yang menyebabkan kulit keriput,” terangnya.

Selain tidak mengenakan tabir surya, kesalahan lain dalam pemakaian produk perawatan kulit adalah menggunakan banyak produk sekaligus. Beberapa produk, sebenarnya tidak diperlukan dan malah berbahaya. Terutama bagi mereka yang memiliki riwayat kulit kombinasi atau kulit sensitif.

“Banyak produk mengandung wewangian atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit dan berpotensi menyebabkan alergi. Sebelum mencoba berbagai produk, ada baiknya menemui dokter kulit terpercaya guna membahas rejimen perawatan kulit dan memilih produk perawatan yang baik,” ucap Dr Meghan.

Baca Juga: Selain Rajin Berhubungan Seks, 4 Cara Ini Bisa Memperpanjang Umur

Produk perawatan kulit tidak harus selalu mahal. Malah kadang bahan sederhana yang mudah didapat bisa menjaga kulit dengan baik. Menurutnya, banyak orang salah berasumsi jika produk perawatan yang mahal lebih baik.

"Malah sebenarnya banyak ahli dermatologi yang menyarankan pasien untuk menggunakan kombinasi produk dengan harga yang lebih terjangkau,” pungkas Dr Lauren.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)