Share

Pendatang Baru di Ibu Kota Silakan Gabung Program OK OCE

Fadel Prayoga , Okezone · Rabu 20 Juni 2018 01:06 WIB
https: img.okezone.com content 2018 06 19 338 1911749 pendatang-baru-di-ibu-kota-silakan-gabung-program-ok-oce-eslpyuInpu.jpg
A A A

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno mempesilakan kepada pendatang baru yang akan menyambangi Ibu Kota untuk bergabung ke program One Kecamatan One Center for Enterpreneurship (OK OCE). Hal tersebut bertujuan agar mereka tak menjadi pengangguran ketika tiba di Jakarta.

"Sangat diperbolehkan untuk mendaftar di OK OCE tentunya sesuai dengan ketentuan dan sesuai dengan pendekatan," kata Sandi di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Selasa (19/6/2018).

Syarat untuk mengikuti program OK OCE adalah memiliki KTP DKI Jakarta. Sehingga, mereka harus berkordinasi dengan sanak familinya yang bedomisili di Jakarta. Sebelum mereka memutuskan untuk pergi ke Jakarta, maka harus memikirkan usaha apa yang akan dikerjakan.

"Jadi kita ingatkan bahwa mereka kalau misalnya datang ke Jakarta itu mengerti apa yang diperlukan di Jakarta," kata Sandi.

(Baca Juga:Sandiaga Uno: Pendatang Baru Jangan Jadi Beban!)

Sandiaga menambahkan, yang terpenting ketika pendatang sudah sampai di Ibu Kota adalah mereka harus mendaftarkan diri ke RT/RW sekitar. Dengan begitu, para pendatang itu secara sah resmi terdaftar sebagai masyarakat di kawasan tersebut.

"Yang paling pertama adalah berkoordinasi dulu dengan pihak RT-RW, terus juga harus didaftarkan dengan Dukcapil dan sebagainya," pungkasnya.

Sebelumnya, Sandiaga tak melarang warga dari luar Jakarta untuk mendatangi Ibu Kota usai Lebaran nanti. Tapi, ia mengimbau kepada mereka agar sudah memiliki keahlian sebelum memutuskan untuk mengadu nasib.

Menurut Sandi, bila mereka tak mempunyai keahlian maka bisa dipastikan para pendatang itu tak akan bisa bertahan hidup di Ibu Kota. Dirinya tak ingin jumlah pengangguran bertambah akibat adanya pendatang yang tidak memiliki keterampilan

"Datang ke Jakarta, saya sudah sampaikan jangan datang tanpa ada keahlian khusus. Karena kalau enggak ada keahlian, dia tidak akan bisa bertahan di Jakarta," kata Sandi di Jakarta Timur, Senin 11 Juni 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini