Share

Polisi Bagikan Ratusan Gembok ke Pengendara Motor

Salman Mardira, Okezone · Rabu 15 April 2015 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 15 15 1134555 polisi-bagikan-ratusan-gembok-ke-pengendara-motor-0daei8rChW.jpg Polisi membagikan 600 gembok ke para pengendara motor untuk meminimalisasi kasus curanmor (Ilustrasi, Foto: Okezone)
BANDA ACEH - Polresta Banda Aceh membagikan 600 gembok kepada pemilik sepeda motor. Polisi pun meminta kepada pengguna sepeda motor untuk memasang gembok tersebut di motor saat diparkir dengan harapan terhindar dari aksi pencurian.
 
Kapolresta Banda Aceh, Kombes Zulkifli, mengatakan, pembagian gembok merupakan inisiatif pihaknya untuk menekan angka pencurian sepeda motor (curanmor) yang marak terjadi.
 
"Ini untuk mengantisipasi curanmor, karena tingkat kesadaran masyarakat kita dalam menggunakan kunci pengaman tambahan di motornya masih kurang," katanya, Rabu (15/4/2015).
 
Menurut dia, hampir setiap hari pihaknya menerima laporan kehilangan motor dari masyarakat. Hal ini mengindikasikan bahwa curanmor masih marak terjadi.
 
Pembagian gembok itu dilakukan 100 personel Bintara Pembina (Babin) Polresta Banda Aceh. "Masing-masing Babin diberikan enam gembok untuk dibagikan ke masyarakat. Ada 100 Babin definitif, berarti semua ada 600 gembok,” timpal Kasat Pembina Masyarakat Polresta Banda Aceh, Kompol Junaidi.
 
Pembagian 600 gembok dilakukan secara bertahap selama beberapa hari. Polisi menyasar area parkir di tempat-tempat keramaian, seperti pusat perbelanjaan, rumah sakit, kampus, dan area publik lain yang sering menjadi lokasi curanmor.
 
Dia menilai tingginya angka curanmor salah satunya disebabkan kelalaian masyarakat. Polresta Banda Aceh, lanjut dia, sudah gencar mengimbau masyarakat berhati-hati, baik melalui spanduk, poster-poster, selebaran, maupun imbauan secara lisan.
 
"Tetapi masih sedikit yang sadar, sehingga kami berinisiatif membagikan gembok pengaman. Gembok yang kami miliki menang tidak seberapa, tapi yang penting aksi ini bisa menyadarkan masyarakat,” sebutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ton)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini