Share

Penutupan Media Sosial Tidak Sepenuhnya Hentikan ISIS

Jihad Dwidyasa , Okezone · Rabu 15 April 2015 21:30 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 15 18 1134837 penutupan-media-sosial-tidak-sepenuhnya-hentikan-isis-XQ05Ew8a9W.jpg Militan ISIS (Foto: Reuters)
A A A

JAKARTA - Kelompok militan ISIS telah menggunakan media sosial untuk menyebarkan paham radikal, dan juga untuk merekrut pejuang-pejuang dari berbagai negara.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu) Amerika Serikat (AS) Bidang Diplomasi dan Urusan Publik, Richard Stengel, mengatakan bahwa penutupan media sosial seperti Twitter dan Facebook tidak akan sepenuhnya menghentikan gerakan kelompok ISIS.

“Saya pikir dengan menutup media sosial tidak akan sepenuhnya menghentikan gerakan kelompok ekstremis itu,” ujar Richard Stengel, dalam acara diskusi ‘Demokratisasi Informasi: Peluang dalam Mengubah Cara Pandang Media’, di Jakarta, Rabu (15/4/2015).

“Justru new media, seperti media sosial inilah inti dari ‘Demokratisasi Informasi’. Dengan berkembangnya media sosial, kebebasan berpendapat dan kebebasan pers dapat tetap dijunjung tinggi,” lanjutnya.

Mantan Redaktur Pelaksana di majalah Times itu menambahkan, setiap perusahaan pengembang internet seperti Google, Facebook dan Twitter memiliki sistem keamanan sendiri untuk menyaring isi dan penggunanya. Jadi, untuk urusan pemblokiran akun bukanlah tugas Pemerintah AS.

Senada dengan Stengel, Duta Besar (Dubes) AS untuk RI, Robert Blake, juga menyampaikan hal yang sama.

“Kami tidak mengkhawatirkan akun-akun media sosial yang menyebarkan radikalisme, tapi kami sangat mengkhawatirkan tentang gerakan ISIS, sama seperti Pemerintah Indonesia,” ujar Dubes Blake.

“Inilah inti dari yang kita diskusikan hari ini, ‘Demokratisasi Informasi dan Media’. Orang-orang harus belajar tentang media mana yang akan mereka gunakan untuk mendapatkan informasi. Mereka juga harus belajar untuk menyaring, mana yang informasi positif, dan mana yang negatif,” lanjutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini