Share

Robot Canggih Bisa Memasak

Dinno Baskoro, Okezone · Rabu 15 April 2015 17:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 15 298 1134641 robot-canggih-bisa-memasak-QrX1ip9MDY.jpg Robot masak (Foto:Thedailymeal)
A A A

SAAT ini teknologi semakin canggih. Untuk pertama kalinya IBM Watson telah lulus dari Jeopardy untuk menerbitkan buku memasak dan kini mereka menciptakan robot yang bernama Moley Robotics.

Robot yang bisa memasak ini diresmikan di Hannover Messe Robotics Technology fair di Jerman. Robot ini sangat canggih, dia bisa memasak hingga 2000 resep berbeda hanya dengan menekan tombolnya.

Diciptakan dengan teknologi canggih yang dapat menirukan serangkaian teknik memasak yang dilakukan oleh seorang koki sungguhan. Robot ini dirancang dengan dua lengan elektronik yang dilengkapi 20 motor penggerak, dua lusin sendi dan 129 sensor sempurna yang dapat meniru fungsi tangan sesungguhnya.

Tim Anderson, juara BBC MasterChef Champion menjelaskan, nantinya ia akan menjabat sebagai pelatih robot koki ini hingga 2017, untuk menjadikan robot ini sebagai MasterChef metalik pertama di dapur. Dalam pameran Hannover Messe, Anderson menunjukkan kemampuan robot ini untuk membuat crab bisque.

"Kepiting bisque adalah hidangan yang cukup menantang bagi koki manusia, apalagi buat robot. Kalau robot ini berhasil membuatnya, itu berarti dia juga bisa membuat makanan lainnya,” jelas Anderson sebagaimana dilansir Thedailymeal, Rabu (15/4/2015).

Tapi, jangan khawatir robot ini tidak akan menggantikan posisi para chef profesional. Pasalnya, robot ini bukan untuk menggantikan posisi chef, melainkan hanya akan membantu pekerjaan seorang chef di dapur. Anderson juga menambahkan, dia terus melakukan penambahan skill agar robotnya memiliki teknik memasak dari waktu ke waktu. (yac)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini