Share

Cara Tepat Masak Salmon

Devi Setya Lestari, Okezone · Rabu 15 April 2015 18:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 15 298 1134709 cara-tepat-masak-salmon-7RvDAusTGP.jpg Canape berbahan salmon Chef Marcus Dybwad (Foto:Devi/Okezone)
A A A

SALMON memiliki cita rasa yang tidak kalah lezat dengan jenis ikan laut lainnya. Lalu teknik pengolahan yang seperti apa yang tepat untuk hidangan berbahan dasar ikan salmon?

Berbeda dengan jenis ikan pada umumnya yang memiliki daging berwarna putih, ikan salmon memiliki daging dengan warna oranye. Ikan yang banyak hidup di suhu dingin ini mengandung gizi yang cukup tinggi. Kandungan omega 3 pada salmon juga dikenal bagus untuk kecerdasan otak.

Selain warnanya yang berbeda, tekstur daging ikan salmon juga berbeda. Jika dihancurkan, daging salmon akan terpecah menjadi bentuk yang beraturan. Ikan salmon sering disajikan mentah dalam hidangan sushi atau sashimi. Namun banyak juga restoran atau hotel yang menawarkan menu salmon yang diolah sebagai steik. Menu ini cukup terkenal di kalangan penikmat salmon.

Sebenarnya teknik pengolahan seperti apa yang paling cocok untuk mengolah salmon? Menurut Chef Markus Peter Dybwad, seorang sous chef berdarah asli Norwegia, salmon bisa diolah dengan berbagai teknik pengolahan misalnya seperti ditumis, dipanggang ataupun disajikan mentah. Yang harus diperhatikan saat mengolah salmon yakni daging ikan tidak boleh terlalu matang.

"Ikan salmon bisa diolah dengan teknik apa saja tetapi tidak boleh dimasak terlalu matang. Selain rasanya tidak terlalu lezat maka nilai gizi yang terkandung juga akan rusak. Sebaiknya masak salmon sebentar saja agar salmon masih berwarna oranye dan juicy," ucap chef yang akrab disapa Markus ini kepada Okezone saat ditemui di Hotel Shangri La Jakarta Pusat, Selasa 14 April 2015.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ndr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini