Share

Perayaan Tahun Baru Kamboja Pecahkan Rekor Dunia

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Rabu 15 April 2015 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 15 406 1134793 perayaan-tahun-baru-kamboja-pecahkan-rekor-dunia-Pdm92xeC9U.jpg Perayaan Tahun Baru Kamboja pecahkan rekor dunia (Foto: Cambodiadaily)

PERAYAAN Tahun Baru Khmer di Kamboja tidak hanya sekadar perayaan biasa. Perayaan ini mendapat rekor dunia dengan menampilkan kue ketan terbesar yang pernah dibuat.

Pada upacara khusus yang diadakan di depan Angkor Thom sebelum pembukaan festival resmi dilakukan, seorang juri Guinness World Records dari Jerman, Seyda Subasi Gemici mengatakan bahwa kue ketan tersebut telah memenuhi persyaratan Guinness yang ketat.

“Agar memenuhi syarat untuk upaya rekor ini, pedoman internasional Guinness World Record harus diikuti,” kata Gemici di depan panggung dikutip dari Cambodiadaily, Rabu (15/4/2015).

Dalam pedoman tersebut, kue haruslah memiliki berat meinimal 3.250 kilogram dan kue harus mengandung setidaknya beras ketan, kacang hijau, kelapa, dan daun pisang dalam bentuk strip yang membungkus kue.

Kue ketan tradisional seberat 4 ton itu diarak melalui Kota Siem Reap. Gemici merasa senang dapat mengumumkan rekor dunia yang baru dibuat di Kamboja ini.

“Selamat, kalian semua benar-benar luar biasa,” seru Gemici.

Hun Many, seorang anggota parlemen mengatakan bahwa prestasi yang diperoleh saat ini akan membuat Kamboja mendapatkan rasa hormat dari dunia internasional kembali.

Pembuatan kue ketan ini berkaitan dengan perayaan tahun baru Khmer, etnis terbesar di Kamboja yang disebut dengan Chaul Chnam Thmey. Perayaan Tahun Baru ini sendiri dirayakan selama tiga hari.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(yac)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini