Share

Rencana Prof. Syawal Majukan Unimed

Akbar Dongoran, Okezone · Rabu 15 April 2015 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 15 65 1134603 rencana-prof-syawal-majukan-unimed-QQBvLvBVaQ.jpg Prof. Syawal Gultom (tengah) terpilih kembali sebagai rektor Unimed. (Foto: dok. Unimed)

MEDAN – Prof. Syawal Gultom, terpilih kembali sebagai Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) untuk periode 2015-2020 mendatang. Dia pun memiliki rencana untuk memajukan Unimed selama lima tahun ke depan.

Mantan Kepala Badan PSDM dan PMP di Kemendikbud RI tersebut sebelumnya menjadi Rektor Unimed untuk periode 2007-2011. Dia berhasil mengungguli dua rivalnya, dengan memperoleh 51 dari 117 suara anggota senat Unimed.

Usai terpilih, Prof Syawal berbagi informasi terkait rencananya memajukan pendidikan di Unimed lima tahun mendatang. Dia memiliki tujuh visi agar Unimed bisa tampil sebagai universitas kelas dunia.

"Pertama adalah dengan meningkatkan relevansi dan daya saing lulusan melalui penguatan implementasi kurikulum Perguruan Tinggi berbasis Kualifikasi KKNI. Lalu kami akan menerapkan standar untuk beberapa mata kuliah berbasis web," ujar Syawal.

Selain itu menurut Syawal, dia juga akan meningkatkan jumlah kualitas penelitian, buku, dan publikasi ilmiah. Selain itu, Syawal juga akan menerapkan model pendidikan dan pelatihan profesi; termasuk melakukan rintisan akreditasi prodi oleh Lembaga Akreditasi Internasional dan implementasi audit mutu akademik internal.

"Kami akan melakukan pengembangan lulusan berstandar internasional. Delapan rintisan kelas internasional untuk beberapa program studi. Serta memperoleh IS0 9001-2000 untuk lingkungan Biro Adminstrasi Umum dan Keuangan (BAUK)," imbuhnya.

Tak sampai di situ, Syawal juga akan menguatkan program Community Development and Community College, menguatkan kerjasama lokal, nasional, regional dan internasional. Di sisi lain, Syawal akan menguatkan e-Learning dan e-Management serta merintis Unimed menuju World Class University.

"Untuk program reguler, kami akan menghasilkan lulusan yang unggul dan berdaya saing, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan karya-karya inovatif serta produktif. Sedangkan untuk program baru, melakukan kerjasama kelembagaan dengan institusi stakaholder luar negeri dan melakukan konservasi sekolah dan DUDI," pungkasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini