Share

Soal & Lembaran Jawaban UN di Pidie Jaya Tertukar

Salman Mardira, Okezone · Rabu 15 April 2015 18:45 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 15 65 1134751 soal-lembaran-jawaban-un-di-pidie-jaya-tertukar-E5CaMw3jMM.jpg Ilustrasi: petugas memeriksa kelengkapan paket berkas soal ujian nasional. (Foto: dok. Okezone)

BANDA ACEH - Panitia Ujian Nasional (UN) SMA/sederajat di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh menemukan sebagian Lembar Jawaban Komputer (LJK) berbeda dengan lembaran soal UN. Penemuan ini terjadi saat UN hari kedua.

Kepala Dinas Pendidikan Pidie Jaya, Roeslan Abdul Gani mengakui, masalah ini terjadi hampir di sejumlah sekolah yang ada di kabupaten tersebut.

"Tapi tidak semuanya. Misalnya satu kelas ada empat atau lima orang yang tertukar," ujar Roeslan saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (15/4/2015).

Menurutnya lembaran soal dan jawaban yang tertukar tersebut pada mata pelajaran Matematika IPA dan Bahasa Indonesia. Roeslan mengatakan, tertukarnya lembaran soal dan jawaban itu bukan karena kelalaian panitia penyelenggara atau pengawas lokal. Pasalnya, berkas soal UN sesuai yang diterima dari Jakarta.

"Kami menduga kementerian salah mengirim lembaran itu dari pusat," imbuhnya.

Agar siswa tak menjadi korban, kata Roeslan, pihaknya sudah menggatasi persoalan ini dengan tetap meminta mereka menjawab di LJK yang dibagikan. Kemudian Dinas Pendidikan Pidie Jaya menyurati panitia UN di Provinsi Aceh beserta data dan nomor induk siswa tertentu yang tertukar LJK, untuk memberitahukan hal ini.

"Tujuannya agar memperhatikan masalah ini saat memeriksa berkas," tutur Roeslan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rfa)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini