Share

Bareskrim Selidiki Bocornya Soal UN di Dunia Maya

Bayu Septianto, Okezone · Rabu 15 April 2015 18:50 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 15 65 1134755 bareskrim-selidiki-bocornya-soal-un-di-dunia-maya-i6oxYcQYrz.jpg

JAKARTA - Bareskrim Mabes Polri tengah menyelidiki kasus bocornya soal Ujian Nasional 2015 yang muncul di laman situs mesin pencari Google. Penyelidikan ini atas dasar laporan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan.

Terkait hal itu, Kabareskrim Komjen Pol Budi Waseso mengaku pihaknya tengah melakukan serangkaian penggeledahan di beberapa lokasi terkait laporan tersebut. Namun, Budi enggan membeberkan di mana saja lokasi penggeledahan yang dilakukan anak buahnya itu.

"Kami sudah terima laporannya kemarin dan sudah menelusuri. Dimana ada kecurigaan ya kami geledah. Kami harus cepat mencari alat bukti. Ada beberapa tempat yang kami curigai. Adalah tempatnya, yang pasti di Jakarta," ujar Budi di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Rabu (15/4/2015).

Budi menuturkan tim penyidik Cyber Crime Bareskrim juga ditugaskan untuk melacak pengunggah soal UN ilegal tersebut yang muncul di dunia maya. Mantan Kapolda Gorontalo itu menduga adanya kemungkinan keterlibatan oknum percetakan

"Kemungkinan melibatkan oknum percetakan. ‎Tapi belum bisa kami pastikan. Berdasarkan hasil penelusuran, itu dilakukan oleh percetakan negara karena itu tidak dilakukan oleh percetakan swasta," tegasnya.

Budi pun mengakui timnya bergerak cepat begitu mendapatkan laporan dari Kemendikbud adanya kebocoran soal UN di dunia maya. "Dari informasi itu kita langsung bekerja menelusuri. Sekarang masih diikuti tim, nanti kalau sudah bulat, kami beritahu," pungkasnya.

Sebelumnya Anies Baswedan menuturkan Kemendikbud sudah mengetahui siapa yang mengunggah soal ujian nasional 2015 ilegal ke Google. Menurutnya, oknum perusahaan pencetak soal ujian yang melakukan tindakan tidak terpuji tersebut.

Seperti diketahui, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) berhasil menemukan soal ujian nasional 2015 ilegal pada sebuah akun Google Drive. Soal ujian nasional 2015 ilegal itu ditemukan pada Senin (13/4/2015) siang pada saat ujian masih berlangsung.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ful)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini