Share

Ini Dia Khasiat Air Mawar untuk Kecantikan

Tiara Amalina, Okezone · Selasa 13 Maret 2018 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 13 194 1872147 ini-dia-khasiat-air-mawar-untuk-kecantikan-KC2zGU78AU.jpg Ilustrasi (Foto: Medicalnewstoday)
A A A

AIR mawar merupakan salah satu bahan alami yang sering digunakan untuk kecantikan, baik itu untuk rambut ataupun kulit. Perawatan menggunakan air mawar juga sangat digemari karena biasanya mawar dapat tumbuh di sekitar halaman rumah dan memiliki wangi yang segar.

Seperti yang dilansir dari Boldsky, Selasa (13/3/2018), inilah beberapa khasiat dan kegunaan mawar untuk kulit maupun rambut:

1. Menyembuhkan jerawat

Hal ini karena air mawar dapat mengontrol kelebihan minyak pada kulit wajah dan membantu menyeimbangkan Ph, ini akan mempercepat proses penyembuhan jerawat serta bekasnya. Untuk penggunaan sehari-hari, cukup tambahkan 1 sendok teh air mawar dan 1 sendok teh jus lemon. Oleskan cairan ini menggunakan kapas pada area yang berjerawat untuk mengurangi jerawat dan bekasnya.

 (Baca Juga: Sederet Manfaat Makan Pisang untuk Tubuh)

2. Mencegah kulit kering

Kulit kering adalah salah satu masalah kulit yang sering dihadapi kebanyakan orang. Ada beberapa solusi untuk mencegah kulit kering, namun air mawar merupakan salah satu solusi terbaik yang dapat Anda gunakan dalam bentuk toner. Hal ini akan membuat kulit terlihat muda dan segar dengan menjaga keseimbangan pH.

Untuk menggunakannya, tambahkan 2 sendok makan air mawar dan 1 sendok makan gliserin, kemudian masukkan ke dalam botol semprot. Kocok, agar semua bahan tercampur rata. Semprotkan di wajah Anda sebagai toner sebelum menggunakan pelembab. Gunakan ini setiap hari untuk hasil yang lebih baik. Agar tahan lama dan tetap segar, Anda dapat menyimpannya di kulkas.

3. Membuat bibir menjadi lembut

Air mawar dapat membuat warna bibir menjadi lebih rata, dan secara alami hal itu juga membuat warnanya menjadi lebih cerah. Cara menggunakannya, potonglah beberapa buah bit dan keringkan di bawah sinar matahari. Kemudian haluskan buah kering hingga menjadi bubuk. Tambahkan sedikit bubuk buah bit dengan 1 sendok makan air mawar. Oleskan campuran kental ini ke bibir dan biarkan kering selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air suam-suam kuku. Lakukan perawatan ini sekali sehari, karena akan membuat bibir Anda menjadi lebih lembut dan merona.

  (Baca Juga: Manfaat Bromelain, Enzim yang Membuat Lidah Gatal pada Nanas)

4. Menghilangkan tumit pecah-pecah

Air mawar dan gliserin dapat dikombinasikan untuk menyembuhkan tumit pecah-pecah. Cara menggunakannya, ambil air dan gliserin dalam jumlah yang sama banyak. Kemudian, gosokkan campuran ini ke kaki Anda setiap hari sebelum tidur. Bilas dengan air hangat keesokan harinya. Gunakan ini sesuai kebutuhan.

5. Mengurangi kantung mata

Jika Anda menjalani banyak aktivitas, dan mata Anda terasa lelah, air mawar dapat mengurangi kantung mata tersebut. Caranya, celupkan kapas ke dalam air mawar yang dingin dan oleskan ke seluruh kulit mata dengan lembut. Ini akan mengurangi bengkak di bawah mata Anda dan juga membantu mencegah peradangan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini