Share

Sederet Kasus Ledakan di Dalam Kabin Pesawat yang Menyita Perhatian

Annisa Aprilia, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2018 03 13 406 1872203 sederet-kasus-ledakan-di-dalam-kabin-pesawat-yang-menyita-perhatian-wvU99bxHic.jpg Power bank meledak di China Southern Airlines (Foto: Weibo)

SEBUAH peristiwa mengejutkan tiba-tiba terjadi di dalam kabin pesawat China Southern Airlines yang menuju ke Shanghai. Pengisi daya portabel atau powerbank milik salah seorang penumpang tiba-tiba meledak lalu terbakar di dalam kompartemen di kabin pesawat.

Akibat peristiwa yang terjadi pada Minggu, 25 Februari 2018 tersebut, penumpang diarahkan untuk kembali keluar dari pesawat. Negara lainnya, seperti Indonesia pun mulai menerapkan aturan pembatasan kapasitas power bank yang dibawa oleh penumpang ke dalam kabin pesawat. Kementerian Perhubungan, akhirnya menyatakan penumpang pesawat hanya diizinkan untuk membawa powerbank yang berkapasitas tidak lebih dari 27ribu mAh atau 100 Wh dengan voltase 3,6-3,85 V.

 (Baca Juga: Tips Aman Bawa Power Bank saat Traveling Menggunakan Pesawat Terbang)

Penerapan aturan tersebut tentunya bertujuan agar mencegah peristiwa kebakaran akibat meledaknya power bank atau gadget lainnya di dalam kabin pesawat. Sebelumnya, beberapa peristiwa serupa juga pernah terjadi. Simak ulasannya:

1. Pesawat Southwest Airlines

Hendak bertolak dari Louisville menuju ke Baltimore, Amerika Serikat, pesawat Southwest Airlines justru harus menunda penerbangannya, karena sebuah ponsel bermerek Samsung Galaxy Note 7 meledak sebelum pesawat lepas landas pada dua tahun lalu. Ponsel yang meledak itu menimbulkan asap, lalu penumpang lainnya diarahkan untuk keluar melalui pintu kabin utama.

  (Baca Juga: Catat! Ini Hal Penting Bawa Power Bank saat Traveler Terbang ke Luar Negeri)

2. Pesawat Alaska Air

Ponsel yang meledak di dalam kabin pesawat Alaska Air pada dua tahun lalu tersebut menambah deretan peristiwa kebakaran akibat telepon genggam. Saat itu yang menyebabkan suasana jadi panik adalah ponsel bermerek iPhone 6 milik salah seorang penumpang, yang masih duduk di bangku perkuliahan. Api awalnya muncul dari ponselnya, kemudian wanita tersebut melemparnya ke lantai dan jatuh ke bawah kursi penumpang lainnya, hingga api semakin meninggi.

Akibat kejadian mengejutkan itu, penumpang yang sedang berada di dalam pesawat pun sontak panik, padahal durasi pendaratan tinggal 90 menit lagi. Tidak ada peristiwa lanjutan dari kasus meledaknya iPhone tersebut, karena langsung bisa diatasi oleh para kru pesawat.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

3. Air Canada Flight 101

Peristiwa meledaknya ponsel di dalam kabin pesawat Air Canada Flight 101 ini belum lama terjadi, pada 1 Maret 2018. Penerbangan harus tertunda selama dua jam akibat dari meledaknya ponsel yang tidak diketahui mereknya tersebut. Namun, ponsel yang meledak itu menggunakan batrei jenis lithium. Beruntung peristiwa meledaknya ponsel ini hanya sebatas pada munculnya api seperti api unggun dengan durasi tidak lebih dari 20 menit, sebab jika lebih dari durasi itu maka situasi dijamin bisa jadi sangat serius.

  (Baca Juga: Ini Barang yang Boleh dan Tidak Boleh Dibawa Pulang dari Hotel)

4. Pesawat China Southern Airlines

Pesawat China Southern Airlines mengalami penundaan penerbangan setelah penumpang dipaksa turun dari dalam pesawat yang kompartemennya terbakar pada Minggu, 25 Februari 2018. Peristiwa kebakaran tersebut terjadi karena sebuah pengisi daya portabel atau power bank meledak di dalam tas penumpang yang diletakan di atas kompartemen. Awalnya asap mulai nampak hingga kemudian barulah api menyala. Meledaknya powerbank terjadi karena menggunakan baterai lithium ion, beruntung tidak ada kerusakan lainnya akibat kebakaran tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini