Share

Ubi Jalar Jadi Makanan Khas Ramadan, Ini 5 Keunggulannya

Dewi Kania, Okezone · Rabu 23 Mei 2018 23:27 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 23 298 1901899 ubi-jalar-jadi-makanan-khas-ramadan-ini-5-keunggulannya-9pNFRjXUfv.jpg Ubi Jalar. (Foto: Boldsky)
A A A

ANEKA jenis ubi sering dijadikan menu olahan yang pas untuk buka puasa ataupun sahur. Kalau Anda sering mengonsumsinya, harus tahu juga kandungan nutrisi dari bahan pangan itu.

Siapa sih yang tidak gemar makan aneka olahan ubi dalam bentuk semangkuk kolak, kue ubi talam, ubi kukus manis dan sebagainya? Pasti Anda akan mencari ubi ini saat berbelanja di pasar.

Jangan cuma doyan makan, tapi tidak tahu isi kandungan nutrisinya. Biar enggak penasaran, simak dulu usalnnya berikut ini, dilansir Boldsky, Rabu (23/5/2018).

Baca Juga: Suka Minum Air Es Bikin Gemuk? Ini Faktanya!


(Foto: Huffingtonpost)

1. Makanan rendah kalori

Ubi jalar dikenal rendah kalori, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat buka puasa ataupun sahur. Tapi pengolahannya jangan digoreng ya, karena ubi ini lebih sehat dimakan dengan cara dikukus atau diolah menjadi hidangan kue untuk membatalkan puasa saat adzan Magjrib berkumandang.

2. Tinggi kandungan serat

Ubi jalar adalah sumber serat yang tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tapi juga mengontrol risiko diabetes. Setiap 100 gram ubi jalar mengandung tiga gram serat. Terpenting, serat tersebut mudah dicerna usus dan membantu pembakaran kalori.

3. Mengandung air tinggi

Ubi jalar banyak mengandung air yang secara tidak langsung menghidrasi tubuh Anda. Setiap 100 gram ubi jalar mengandung 77% air, menurut data USDA. Karenanya, tak salah jika Anda membatalkan puasa dengan olahan pangan serba ubi manis dan beberapa olahan lainnya yang tak kalah menggoda.

Baca Juga: Menjaga Lisan Tak Hanya di Mulut, Tapi Juga di Jari yang Menulis di Medsos

(Foto: Houstonpress)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Mengandung indeks glikemik rendah

Makanan dengan kandungan indeks glikemik tinggi menyebabkan lonjakan tingkat gula darah, yang telah dikaitkan dengan penyebab obesitas, masalah jantung dan diabetes.

Tapi, ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah yang aman bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Anda harus memanfaatkan nutrisi ini supaya tubuh tidak berisiko alami kegemukan.

5. Mengandung gula alami

Ubi jalar juga mengandung gula alami yang bermanfaat untuk meningkatkan energi. Tak cukup itu, sebuah penelitian di Oregon State University menunjukkan bahwa, mangan dalam ubi jalar juga sangat penting untuk mengaktifkan enzim, yang meningkatkan sistem metabolisme Anda. Anda harus mengonsumsi bahan makanan ini bila ingin sehat dan bebas risiko kegemukan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini