Share

THR dan Gaji ke-13 PNS Diyakini Dongkrak Daya Beli

Giri Hartomo , Okezone · Rabu 23 Mei 2018 20:22 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 23 320 1901906 thr-dan-gaji-ke-13-pns-diyakini-dongkrak-daya-beli-uTWOZ5VAtb.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock
A A A

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Pemerintah (PP) yang menetapkan pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji ke-13 untuk para pensiunan, penerima tunjangan, seluruh PNS, prajurit TNI dan anggota Polri.

THR yang diberikan pada tahun ini pun jauh lebih besar karena ditambah dengan tunjangan-tunjangan.

Menanggapi hal tersebut, Managing Director Sogo Indonesia Handaka Santosa mengatakan, adanya THR yang diberikan pemerintah kepada PNS, Polri, TNI dan Pensiunan akan sangat berpengaruh terhadap sektor ritel. Karena hal tersebut bisa menjadi perangsang masyarakat untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

"Jadi kalau kami rasa akan sangat efek kepada ritel secara keseluruhan," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

 

Apalagi lanjutnya, THR yang diberikan juga lebih besar dibandingkan tahun tahun sebelumnya. Artinya minat belanja masyarakat kepada sektor ritel akan semakin tinggi dan meningkat pula.

"Kalau dilihat jumlahnya menjadi double juga enggak tapi itu at least sebagai perangsang untuk tingkatkan adanya peningkatan penjualan," ucapnya.

Dirinya meyakini dengan adanya pemberian THR PNS yang lebih besar juga membuat para pelaku ritel lebih optimis. Itu ditunjukan dengan adanya peningkatan produksi yang dilakukan oleh peritel pada hari-hari menjelang Lebaran.

"Yang terpenting karena apa, karena dengan ada itu euforia orang juga hidup akan pesen produksi akan naik, order barang menteh akan naik semuanya akan naik dan orang jajan lebih berani penjualan lebih banyak," jelasnya.

 Selama Ramadan PNS DKI Jakarta Pulang Lebih Awal

Selain itu lanjut Handaka, bantuan sosial yang diberikan oleh pemerintah juga akan menjadi stimulus untuk meningkatkan daya beli. Karena yang biasanya uang tersebut digunakan untuk membeli bahan sembako dan kebutuhan sehari-hari oleh masyarakat menengah kebawah, kini bisa dimanfaatkan untuk membelanjakan uangnya di sektor ritel.

"Termasuk tadi dibicarain tentang bantuan sosial yang lain itu belanja, belanjan bukan untuk foya-foya tapi memang ada kebutuhan kok," jelasnya. (dni)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini