Share

Ada Lebaran dan Asian Games Tingkatkan Pendapatan Ritel hingga 60%

Giri Hartomo , Okezone · Rabu 23 Mei 2018 20:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 23 320 1901910 ada-lebaran-dan-asian-games-tingkatkan-pendapatan-ritel-hingga-60-HjPpjwPEKN.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock
A A A

JAKARTA - Pengusaha ritel menyebut sektor ritel akan tumbuh pesat pada tahun ini. Karena menurutnya, ada dua event besar yang akan dihadapi Indonesia yang bisa mendongkrak pertumbuhan sektor ritel.

Pertama adalah event olahraga terbesar di Asia yakni Asian Games 2018. Seperti diketahui Indonesia akan menjadi tuan rumah event olahraga terbesar Asian Games 2018.

Ketua Bidang Komunikasi dan Media Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Fernando Repi mengatakan adanya event Asian games setidaknya akan meningkatkan pendapatan dari pengusaha ritel. Dirinya memperkirakan peningkatan pendapatan untuk event Asian games yakni 15%-20%.

"Perkiraan peningkatan pendapatan ritel karena cuma di dua tempat Jakarta dan Palembang mungkin bisa kontribusi 15%-20%," ujarnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (23/5/2018).

 Rupiah Tak Berisiko Melemah ke Level Rp15.000 per Dolar AS

Untuk merealisasikan hal tersebut, para pengusaha ritel pun menyiapkan berbagai macam strategi. Salah satunya adalah dengan promosi produk-produk dari Asian Games yang bisa menarik perhatian masyarakat.

"Kalau Asian Games peritel itu kita kan tempat orang berdagang. Kami berharap tentunya brand bisa memberikan banyak promo-promo di tempat kita tapi secara promosi untuk apa kalau pemerintah bilang peritel pasang dong umbul-umbul atau apa ya pasti kita support," jelasnya.

 

Selain itu lanjutnya, para peritel juga bisa support dengan menggelar pameran-pameran UMKM di lokasi pertandingan. Asalkan pemerintah memberikan bantuan berupa insentif agar wacana tersebut bisa terealisasi.

"Sebetulnya yang menarik buat saya adalah pemerintah seharusnya bisa mendorong insentif untuk orang di satu venue ada pameran UMKM jadi pas bule dateng lhiat misalkan produk batik seneng dan terus beli. Itu lho yang penting, kalau di ritel kan kita pasti happy-happy saja," jelasnya.

Sementara event besar yang dipercaya akan meningkatkan pendapatan peritel adalah Lebaran. Dirinya memperkirakan pertumbuhan pendapatan saat Lebaran mencapai 40%.

"Kalau Lebaran 30% sampai 40% (pertumbuhan pendapatannya)," ucapnya.

 

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini