Share

Ngabuburit ala Kids Jaman Now, Ngegame sampai Mengaji

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 23 Mei 2018 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2018 05 23 406 1901698 ngabuburit-ala-kids-jaman-now-ngegame-sampai-mengaji-CcN2czbxPz.jpg Ilustrasi (Foto: Muslimmatters)

LETUPAN suara petasan menjelang waktu berbuka semakin jarang terdengar belakangan ini. Selain karena adanya larangan dari pemerintah untuk menjual petasan dan kembang api, generasi milenial atau kids jaman now juga sudah mulai bergeser minatnya.

Ngabuburit alias kebiasaan menunggu waktu Magrib untuk berbuka puasa diisi dengan kegiatan-kegiatan lain. Berikut gaya kids jaman now saat ngabuburit yang lazim dilakukan.

1. Ngegame

Kids jaman now acap terlihat memegang smarphone-nya di waktu-waktu menjelang berbuka. Apa yang mereka lakukan? Main game online jelas salah satunya. Apalagi, kalau sedang mabar (main bareng) bisa-bisa malah kelewatan waktu berbuka.

Enggak cuma mabar game online, generasi milenial juga masih senang ngegame di konsol-konsol tertentu. Main game memang ampuh untuk mengusir kebosanan serta membunuh waktu daripada melakukan aktivitas yang justru membatalkan pahala puasa.

Main Game

2. Olahraga

Nah, kegiatan satu ini jelas sangat positif. Apalagi, berolahraga ringan menjelang waktu berbuka puasa juga disarankan oleh pakar-pakar kesehatan. Olahraga, seperti jogging, cukup dilakukan selama 30 menit menjelang berbuka puasa. Pilih lokasi jogging yang dekat dengan tempat-tempat berjualan takjil. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Usai jogging, langsung berbuka deh.

Jogging

3. Pelesiran singkat

Selama bulan puasa, jam pulang kantor biasa dimajukan. Sudah pasti kamu punya waktu lebih untuk menunggu adzan Magrib sebagai penanda waktu berbuka. Pelesiran singkat bisa menjadi alternatif pilihan. Kamu yang tinggal di Jakarta, bisa mengunjungi tempat-tempat seperti kawasan silang Monas, Kota Tua, dan berbagai taman. Selain bisa bercengkerama dengan kawan, kamu juga bisa jalan-jalan sore (jjs) di tempat-tempat itu.

Kota Tua(Foto: City-data)

4. Berburu takjil

Sudah pasti berburu takjil adalah ngabuburit paling asyik. Dengan beragam tempat serta pilihan takjil untuk berbuka, tidak terasa waktu bisa bergulir dengan cepat hingga saatnya membatalkan puasa.

Berburu Takjil(Foto: Arif/Okezone)

5. Membaca Alquran

Tentu bulan penuh berkah yang berlimpah pahala ini bisa dimanfaatkan untuk semakin memperdalam ilmu agama. Membaca, mengaji, serta mengkaji Alquran bisa dijadikan pengisi waktu luang jelang berbuka.

 Baca ALquran

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini