Share

Menlu AS Kembali ke Korut untuk Bahas Denuklirisasi

Rahman Asmardika , Okezone · Jum'at 06 Juli 2018 16:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 06 18 1918927 menlu-as-kembali-ke-korut-untuk-bahas-denuklirisasi-gU5BoW3UQo.jpg Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo dan Pejabat Senior Korut, Kim Yong-chol. (Foto: Reuters)
A A A

PYONGYANG – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo berada di Pyongyang untuk bertemu dengan pejabat dan pemimpin Korea Utara (Korut). Pada kunjungan kali ini, Pompeo akan kembali menekan Pyongyang untuk memberikan komitmen lebih detail mengenai upaya denuklirisasi dan membahas mengenai pemulangan jasad tentara AS yang hilang dalam Perang Korea.

Kedatangan Pompeo disambut oleh Kim Yong-chol dan Menteri Luar Negeri Ri Yong Ho yang berperan penting dalam upaya diplomasi antara AS dan Korut. Pertemuan Pompeo dengan Kim Yong-chol diperkirakan akan berlangsung selama beberapa jam, dan belum diketahui apakah dia juga akan bertemu dengan Pemimpin Korut, Kim Jong-un.

BACA JUGA: Komitmen Denuklirisasi Pyongyang Diragukan, Menlu AS Akan Kunjungi Korut Pekan Ini

Diwartakan Reuters, Jumat (6/7/2018), Pompeo mengatakan pertemuannya sangat penting dan berharap mendapatkan “hasil yang berarti” dari pertemuan tersebut.

Pompeo telah ditugaskan untuk merundingkan rencana yang diharapkan Washington akan melibatkan Kim Jong-un mengungkap kemajuan program senjata nuklirnya telah dan menyetujui jadwal dan jangak waktu pembongkarannya.

"Para pemimpin kami membuat komitmen di KTT Singapura tentang denuklirisasi lengkap Korea Utara," kata Pompeo sebelum tiba di Korut.

"Dalam perjalanan ini saya berupaya untuk mengisi beberapa rincian tentang komitmen tersebut dan melanjutkan momentum menuju implementasi dari apa yang dijanjikan kedua pemimpin dan dunia," tambahnya.

BACA JUGA: Ini Isi Dokumen Hasil KTT yang Ditandatangani Trump dan Kim Jong-un

Washington berharap bahwa denuklirisasi "penuh" dapat dimulai dalam waktu satu tahun, tetapi banyak pengamat ahli dan pengkritik Trump memperingatkan bahwa janji KTT Kim tidak banyak berarti dan prosesnya bisa memakan waktu bertahun-tahun, jika proses itu pernah dimulai.

Kunjungan Pompeo dilakukan di tengah munculnya laporan media yang menyebutkan bahwa Korut telah meningkatkan kembali kapabilitas nuklirnya. Namun, Pemerintah AS mengatakan, pembicaraan dengan Korut mengenai denuklirisasi mengalami kemajuan yang baik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini