Share

Ruang Bali di KBRI Wellington Melengkapi 'The House of Indonesia'

Rahman Asmardika , Okezone · Jum'at 06 Juli 2018 17:47 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 06 18 1918957 ruang-bali-di-kbri-wellington-melengkapi-the-house-of-indonesia-tN9dHg1KmL.jpeg Foto: Dok. KBRI Wellington.
A A A

WELLINGTON - Sejak bertugas sebagai Duta Besar RI pada April 2017, Tantowi Yahya telah bekerja keras menjadikan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) sebagai ‘The House of Indonesia’. Setiap ruangan KBRI akan didekor dan dilengkapi dengan barang kerajinan dari Nusantara sehingga masyarakat Indonesia dan juga pengunjung lokal akan berkesempatan untuk ‘keliling Indonesia’.

Ruangan pelayanan konsuler akan didekor dengan nuansa Papua dan ruang penerimaan tamu resmi dibalut dengan ornamen Sumatera Selatan. Ruang makan utama dihias dengan budaya Jawa sementara ruang auditorium dijadikan showcase kebudayaan Bali.

Dua bulan lalu, disela-sela kunjungan resminya di Selandia Baru Kapolri Tito Karnavian berkenan untuk meresmikan Ruang Sriwijaya. Ruangan yang kini berhiaskan lemari bari, kain songket dan ornamen lakuer khas Palembang itu Duta Besar akan menerima tamu-tamu resminya. Kapolri mengatakan, sebagai putra Sumsel dia merasa bangga karena Sriwijaya yang merupakan kerajaan besar di Asia dijadikan salah satu ruang bergengsi di KBRI Wellington.

Pada Rabu, 4 Juli, KBRI Wellington mendapat kehormatan dari kedatangan Kepala Badan Kreatif (BEKRAF) Indonesia , Triawan Munaf, ke Selandia Baru. Triawan langsung didaulat untuk meresmikan Ruang Bali di KBRI Wellington.

Ruang Bali adalah ruang auditorium di mana berbagai kegiatan budaya, ilmiah dan sosial diselenggarakan. Ada empat lukisan penari Bali ukuran raksasa terpampang di dinding bersama ukiran khas Bali. Di panggung juga sudah tersedia gamelan Bali yang siap dimainkan.

Semua itu terwujud berkat sumbangan dari putra bangsa yang memiliki kesamaan visi dengan Dubes Tantowi untuk menjadikan KBRI Wellington sebagai ‘Rumah Indonesia’. Ruangan yang indah ini disumbang oleh para pengusaha yang dikoordinir oleh ketua CEO Business Forum, Jahja B Soenarjo.

Setidaknya ada 14 nama yang dicantumkan di plakat sebagai penghargaan KBRI Wellington atas sumbangan berharga mereka, termasuk di antaranya Vincent Lianto, pengusaha dan filantropis, yang sejak lama ingin menghadirkan Bali di Selandia Baru.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini