Share

Prancis Melaju ke Semifinal Piala Dunia 2018 Usai Tumbangkan Uruguay 2-0

Hendry Kurniawan, Okezone · Jum'at 06 Juli 2018 23:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 06 350 1919099 prancis-melaju-ke-semifinal-piala-dunia-2018-usai-tumbangkan-uruguay-2-0-php5MMKugg.jpg Timnas Prancis melakukan selebrasi (Foto: Reuters)
A A A

NIZHNY NOVGOROD – Timnas Prancis menumbangkan Uruguay dengan skor 2-0 dalam lanjutan babak perempatfinal Piala Dunia 2018. Prancis benar-benar tampil mendominasi hampir di sepanjang pertandingan. Dalam laga ini, Antoine Griezmann menunjukkan performa luar biasa dengan sumbangan satu gol dan satu assist-nya. Dengan hasil ini, tim berjuluk Les Bleus itu pun berhak melaju ke semifinal.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Pertandingan dimulai dengan penguasaan bola pertama dimiliki oleh Uruguay. Meski bermain tanpa Edinson Cavani yang nampaknya masih belum terlalu bugar, Uruguay tetap tampil menekan. Dalam lima menit pertama mereka mencoba membongkar pertahanan Prancis. Cristhian Stuani melepaskan tembakan di dalam kotak penalti pada menit keenam. Sayangnya, sepakannya masih melebar.

Prancis sendiri pun selalu mencoba melancarkan serangan begitu mendapat kesempatan. Seperti yang terjadi pada menit ke-11 kala Antoine Griezmann mengirimkan umpan silang dari eksekusi tendangan bebas. Umpan Griezmann tersebut sebenarnya mampu digapai Raphael Varane. Hanya saja sundulannya masih belum bisa memecah kebuntuan.

Peluang kembali didapat Prancis pada menit ke-15 . Umpan sundulan dari Olivier Giroud, mampu diterima dengan baik oleh Kylian Mbappe di jantung pertahanan Uruguay. Mbappe berpeluang besar mencetak gol dalam situasi ini lantaran ia berdiri bebas tanpa pengawalan. Meski begitu, sang striker 19 tahun justru memilih melakukan sundulan yang terburu-buru alaih-alih mengontrol bola lebih dulu atau melepaskan tembakan. Hasilnya, bola melambung di atas mistar Uruguay.

Uruguay vs Prancis

Memasuki menit ke-22, Prancis memperoleh tendangan sudut yang diambil oleh Griezmann. Striker Atletico Madrid itu mengirimkan umpan yang langsung menuju jantung pertahanan Uruguay. Sayangnya, upaya Griezmann tersebut masih bisa dihalau. Meski begitu, kini prancis mulai mendominasi laga.

Upaya Prancis baru membuahkan hasil di menit ke-40. Berawal dari eksekusi tendangan bebas yang diambil Griezmann, ia melepaskan umpan ke dalam kotak penalti Uruguay. Varane dengan sigap mengejar bola dan menyundulnya melewati para pemain Uruguay. Bola pun menerjang gawang Uruguay dan mengubah papan skor. Prancis kini unggul 1-0.

Empat menit berselang, Uruguay hampir saja menyamakan kedudukan. Melalui skema yang sama dengan gol Prancis, Martin Caceres menyundul bola hasil tendangan bebas. Tapi, Hugo Lloris melakukan penyelamatan gemilang yang membuat keadaan tak berubah. Babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Prancis.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Babak Kedua:

Memasuki babak kedua, Prancis masih belum mengendurkan serangannya. Baru dua menit laga berjalan, skuad asuhan Didier Deschamps itu langsung mendapat hadiah tendangan bebas. Griezmann kembali menjadi eksekutor. Tapi, umpan yang dilepaskan Griezmann kali ini masih bisa dihalau Fernando Muslera.

Di sisi lain, Uruguay tak ingin menyerah begitu saja. Mereka terus berupaya melancarkan serangan guna mencari angka penyeimbang. Di menit ke-58, Martin Caceres melakukan tusukan dari sisi kiri dan melepaskan tembakan. Sayangnya, tembakan mantan penggawa Juventus itu masih melambung di atas mistar gawang Prancis.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Uruguay justru semakin jauh tertinggal. Pasalnya, pada menit ke-61 Prancis menggandakan keunggulan melalui Griezmann. Usai menerima umpan pendek dari Corentin Tolisso, Griezmann lekas melakukan tendangan keras dari luar kotak penalti. Bola sebenarnya mengarah kepada Muslera. Tapi, antisipasi yang tidak baik alias blunder membuat bola gagal dihalau dan malah bergulir ke dalam gawang. Prancis pun memimpin 2-0.

Uruguay vs Prancis

Memasuki menit ke-73, Prancis kembali memperoleh peluang bagus. Kali ini, giliran Tolisso yang mencoba peruntungannya melepaskan tembakan dari depan kotak penalti. Hanya saja, tembakan Tolisso masih belum tepat sasaran dan melambung ke atas mistar gawang.

Meski tertinggal dua gol, Uruguay tak lantas menyerah. Skuad asuhan Oscar Tabarez itu masih berupaya mencetak gol. Akan tetapi, lini pertahanan Prancis tampil solid malam ini. Luis Suarez tak dibiarkan berlama-lama menguasai bola.

Di sepanjang sisa pertandingan, tak ada peluang yang mampu dikonversi menjadi gol. Pertandingan pun berakhir dengan kemenangan Prancis 2-0 atas Uruguay. Dengan hasil ini, Paul Pogba dan kolega menjadi tim pertama yang lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2018.

Susunan Pemain

Uruguay: Fernando Muslera; Martin Caceres, Jose Gimenez, Diego Godin, Diego Laxalt; Nahitan Nandez (Urretaviscaya 73’), Lucas Torreira, Matias Vecino; Rodrigo Bentancur (Rodriguez 59’); Luis Suarez, Cristhian Stuani (Gomez 59’).

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Lucas Hernandez; Paul Pogba, N'Golo Kante; Kylian Mbappe (Dembele 88’), Antoine Griezmann (Fekir 90+3), Corentin Tolisso (N’Zonzi 80’); Olivier Giroud.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini