Share

Kemenpar Siapkan 75 Paket Wisata Selama Asian Games 2018

Utami Evi Riyani, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 15:49 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 06 406 1918885 kemenpar-siapkan-75-paket-wisata-selama-asian-games-2018-ViCF6JpvQA.jpg Ornamen Asian Games 2018 (Foto: Arif Julianto/Okezone)

PERHELATAN ajang pesta olahraga akbar Asian Games 2018 akan digelar dalam 43 hari lagi. Tepatnya pada 18 Agustus 2018, acara akan resmi dibuka dan menyajikan berbagai kompetisi olahraga dari 45 negara Asia yang bisa Anda saksikan hingga 2 September 2018.

Memanfaatkan momen Asian Games 2018, Kementerian Pariwisata telah menyiapkan 75 paket wisata yang tersebar di tujuh destinasi wisata unggulan. Ketujuh destinasi tersebut adalah Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Yogyakarta, Banyuwangi, dan Bali.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, paket wisata tersebut sudah dipromosikan sejak 2017. Pembelian paket wisata pun tergantung pada para penonton yang datang mendukung atlet-atlet perwakilan negaranya. Kemenpar pun menargetkan kunjungan 150 ribu wisatawan mancanegara (wisman) selama perhelatan Asian Games 2018.

 (Baca Juga:Sempat Turun Akibat Insiden Tenggelamnya KM Sinar Bangun, Kunjungan Wisatawan ke Samosir Kembali Menggeliat)

Dari total target wisman tersebut, diproyeksikan wisman terbanyak akan datang dari China. Hal ini dilihat berdasarkan angka kunjungan wisman terbanyak ke Indonesia sejauh ini. Menurut Arief, kedatangan wisatawan ke suatu negara juga dipengaruhi oleh kedekatan jarak dan pendapatan per kapita negara tersebut.

 

“Jadi mudah ditebak jumlah penonton terbesar adalah China, Singapura, dan Malaysia. Kecenderungannya akan mengikuti jumlah wisman sekarang,” ujar Arief dalam peluncuran Kick Off Pesona Asian Games di Gedung Sapta Pesona, Jumat (6/6/2018).

 (Baca Juga:Intip Keistimewaan Kota Tempat Tinggal Cristiano Ronaldo, Banyak Lokasi Bersejarah Loh!)

Lebih lanjut, menteri kelahiran Banyuwangi ini merinci jumlah atlet, tim official dan media yang datang dari berbagai negara di Asia. Untuk atlet diperkirakan berjumlah 10 ribu, 5 ribu tim official, dan 5 ribu media.

“Kalau untuk sepakbola, (pendukung) Malaysia atau China kemungkinan banyak yang datang ke Indonesia. Sedangkan event-nya sendiri yang akan menyedot penonton saat final sepakbola. Penggemar sepakbola dari negara peserta yang masuk final akan berbondong-bondong datang ke Jakarta,” jelas Arief.

Selain paket wisata yang ditawarkan kepada wisman, Kemenpar juga telah menyiapkan upaya branding Wonderful Indonesia selama Asian Games. “Saya mau selama Asian Games semua bus yang ada logo Wonderful Indonesia, ada atau tidak ada penumpang tetap keliling kota. Ada 5 ribu kamera yang paling penting,” lanjutnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Peluncuran Voting Atlet Favorit dan Lomba Video

Untuk memeriahkan Asian Games 2018, Kemenpar juga meluncurkan Voting Atlet Favorit dan Lomba Video #PesonaAsianGames 2018 pagi ini. Voting dan lomba ini diselenggarakan untuk menyukseskan Asian Games 2018 dan juga memberikan dukungan kepada atlet Indonesia agar sukses dalam ajang pesta olahraga terbesar di Asia ini.

Dalam hal ini, Kemenpar menggandeng Raditya Dika yang memiliki lebih dari 9 juta follower di Instagram dan lebih dari 4 juta subscriber di Youtube sebagai juri lomba video. Aktor dan penulis buku ini bersama influencer lain seperti Anindya K. Putri, Ramon Y. Tungka, Radit Surbakti, Edhozell, Meizal Rossi, dan Mala Barbie akan gencar menyukseskan Asian Games di akun media sosialnya masing-masing.

 

 (Baca Juga:5 Destinasi Terindah di Dunia yang Wajib Kamu Kunjungi di Saat Hidup!)

“Saya senang karena bisa berkontribusi di Asian Games dengan cara yang bisa saya pahami. Senang ketemu orang-orang baru yang sebelumnya belum pernah berkarya bareng. Saya enggak sabar untuk mulai dan lihat seperti apa lomba yang akan kita kerjakan bareng ini,” ujar Raditya Dika mengungkapnya perasaannya.

Raditya juga mengatakan bahwa lomba yang diselenggarakan Kemenpar sejalan dengan keinginannya, yaitu melibatkan kreativitas orang-orang. Ia ingin anak-anak muda bisa berperan aktif dalam dunia konten kreatif, sehingga tidak hanya sebagai penikmat film tetapi juga dapat membuat film.

“Ini sejalan dengan keinginan saya. Kemenpar nge-building awareness Asian Games. Kita gedein Asian Games dengan cara kreatif,” ujar suami Anissa Aziza ini.

  (Baca Juga:Jadi Pahlawan di Laga Lawan Spanyol, Nama Kiper Rusia Disematkan untuk Anak Elang)

Senada dengan Raditya, Anindya juga menyambut baik peluncuran lomba voting dan video ini. Pemenang kontes kecantikan tahun 2015 yang kini bekerja di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga RI ini berharap melalui lomba ini, masyarakat semakin mengenal para atlet yang berlaga di Asian Games.

“Pengenalan atlet penting banget karena untuk mendatangkan crowd melihat idolanya datang. Saya dan tim juga sedang berupaya menaikkan profil atlet. Karena banyak kisah inspiratif atlet yang orang-orang enggak banyak tahu,” jelas Anindya.

Panitia penyelenggara lomba ini menyiapkan hadiah menarik untuk para pemenang. Total hadiah lomba voting dan video berjumlah Rp400 juta dengan Rp200 juta berupa uang cash dan Rp200 juta berbentuk paket wisata liburan ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Untuk lomba video, penjurian akan dimulai tanggal 3-9 September 2018 dan pengumuman pemenang dilakukan pada 10 September 2018.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini