Share

Selain Pelabuhan, Kemenhub Akan Bangun 6 Kapal Wisata di Danau Toba

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Jum'at 06 Juli 2018 22:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 06 406 1919037 selain-pelabuhan-kemenhub-akan-bangun-6-kapal-wisata-di-danau-toba-sVGdTkyp7A.jpg Danau Toba (Foto: Okezone)

MENTERI Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi menyebutkan, pemerintah akan melakukan revitalisasi terhadap lima pelabuhan eksisting yang ada di Danau Toba, Sumatera Utara.

Kelima pelabuhan yang merupakan pelabuhan utama di kawasan Danau Toba itu yakni Pelabuhan Tigaras, Pelabuhan Ajibata, Pelabuhan Muara, Pelabuhan Ambarita, dan Pelabuhan Simanindo.

"Revitalisasi ini untuk mendukung kepariwisataan di Danau Toba," kata menteri Budi usai menghadiri Dialog Nasional Indonesia Maju bersama ribuan mahasiswa di Medan International Convention Center, Jalan Gagak Hitam, Kota Medan, Kamis, 5 Juli 2018.

 (Baca Juga: 5 Idola Tik Tok Cantik Ini Tidak Kalah Tenar dari Bowo Alpenliebe)

Menurut Budi, revitalisasi yang dilakukan tak sebatas fisik pelabuhan. Tapi juga terkait standar pelayanan dan pengawasan pelayaran di pelabuhan-pelabuhan tersebut.

Nantinya, semua operator atau pengusahaan perorangan Kapal Motor Penyeberangan yang menggunakan jasa di pelabuhan itu harus mengikuti semua regulasi yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Perhubungan dengan mengutamakan keselamatan.

 (Baca Juga:Sedang Dingin-Dinginnya, Inilah Destinasi dan Waktu yang Tepat untuk Berlibur ke Bandung)

"Jadi kita menetapkan standar yang sesuai dengan ketentuan sehingga tidak dijumpai lagi kapal-kapal yang tidak memenuhi standar," tutur Budi.

Selain membangun pelabuhan, lanjut Budi, pemerintah juga akan membangun 6 kapal baru yang nanti akan beroperasi di Danau Toba. Kapal tersebut akan lebih besar dari kapal-kapal yang beroperasi di Danau Toba saat ini.

"Kapal itu nanti untuk wisata bahari di Danau Toba. Semuanya untuk mendukung kepariwisataan di sini," tutup Budi.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(tam)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini