Share

Indonesia Bakal Kantongi Rp864 Triliun dari Freeport hingga 2041

Ulfa Arieza , Okezone · Kamis 12 Juli 2018 21:04 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 12 320 1921642 indonesia-bakal-kantongi-rp864-triliun-dari-freeport-hingga-2041-EfP860ZA5t.jpg Foto: Divestasi Saham Freeport (Okezone)
A A A

JAKARTA - PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) atau Inalum bersama dengan Freeport McMoRan Inc. (FCX) dan Rio Tinto, telah melakukan penandatangan Pokok-Pokok Perjanjian atau Head of Agreement (HoA) terkait penjualan saham Freeport McMoran dan hak partisipasi Rio Tinto di PT Freeport Indonesia (PTFI) ke Inalum.

Setelah penandatanganan pokok-pokok perjanjian, dua belah pihak akan melanjutkan proses divestasi saham hingga akhirnya pemerintah melalui Inalum resmi memiliki 51% saham Freeport Indonesia. Jika proses divestasi setelah maka pemerintah juga akan mengeluarkan izin operasional Freeport Indonesia hingga 2041.

 Divestasi Saham PT Inalum di PT Freeport Indonesia Akhirnya Disepakati Sebesar 51%

CEO Freeport Mc Moran Richard Adkerson mengatakan, dengan kenaikan porsi saham pemerintah maka pendapatan yang diterima Indonesia juga meningkat. Jika dihitung operasional Freeport Indonesia hinga 2041 maka, Indonesia berpotensi untuk mendapatkan USD60 miliar atau setara Rp864 triliun (mengacu kurs Rp14.400) dari Tambang Grasberg.

"Dengan kepastian investasi dan operasi hingga tahun 2041, kami memperkirakan manfaat langsung kepada pemerintah pusat dan daerah, serta dividen kepada Inalum dapat melebihi USD60 miliar," kata Adkerson di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Adkerson melanjutkan, selama lima belas tahun terakhir, Freeport Indonesia telah memulai proses transisi dari operasi penambangan terbuka ke penambangan bawah tanah. Dalam proses tersebut, Freeport Indonesia telah menginvestasikan sekitar USD6 miliar untuk mengembangkan tambang bawah.

"Kami berencana menambah investasi hingga miliaran dolar sebagai komitmen untuk memberikan manfaat bagi seluruh pemegang saham," kata dia.

 Divestasi Saham PT Inalum di PT Freeport Indonesia Akhirnya Disepakati Sebesar 51%

Sekadar informasi, setelah pokok-pokok perjanjian ditandatangani Inalum dan Freeport McMoran, selanjutnya dua belah pihak akan mempersiapkan perjanjian patungan atau joint venture agreement

Usai perjanjian patungan final maka dua belah pihak akan menandatangani kembali perjanjian tersebut. Inalum juga akan menyelesaikan transaksi pembayaran setelah perjanjian patungan tersebut selesai ditandatangani.

Saat itulah, 51% saham Freeport Indonesia resmi dimiliki oleh pemerintah melalui Inalum sekaligus menandai berakhirnya proses divestasi 51% saham Freeport Indonesia.

Selanjutnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan dan Menteri Keuangan Sri Mulyani akan mengeluarkan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) untuk Freeport Mc Moran.

 Divestasi Saham PT Inalum di PT Freeport Indonesia Akhirnya Disepakati Sebesar 51%

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini