Share

PBB Kirim Pakar untuk Bantu Persiapan Pemulangan Pengungsi Rohingya

Agregasi VOA , Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 13 18 1921927 pbb-kirim-pakar-untuk-bantu-persiapan-pemulangan-pengungsi-rohingya-i2MjgL4yCl.jpg Pengungsi Rohingya melintasi jalan berlumpur setelah menyeberangi perbatasan Bangladesh-Myanmar di Teknaf, Bangladesh. (Foto: Reutres)
A A A

DIREKTUR Program Pembangunan PBB wilayah Asia-Pasifik Haoliang Xu mengatakan, pihaknya segera mengirim tim pakar ke negara bagian Rakhine, Myanmar, untuk menyiapkan prasarana bagi kepulangan muslim Rohingya yang mengungsi dari sana akibat kekerasan tahun lalu, Reuters melaporkan Jumat (13/7/2018).

Program pembangunan dan pengungsi PBB itu mencapai kesepakatan dengan pemerintahan Aung San Suu Kyi pada Mei lalu mengizinkan muslim Rohingya yang sekarang mengungsi di Bangladesh untuk pulang dengan sukarela dan aman.

Tim juga akan mengkaji kebutuhan sekitar lebih dari 200 ribu Rohingya dan masyarakat lain yang tetap berada di Rakhine.

Direktur Program Pembangunan PBB wilayah Asia-Pasifik Haoliang Xu dalam sebuah konferensi pers di Kota Tacloban di Filipina tengah, 9 November 2014. (Reuters)

Militer Myanmar melancarkan operasi penumpasan di Rakhine utara sebagai balasan atas serangan militan Agustus tahun lalu. Akibatnya, 700 ribu Rohingya yang tanpa kewarganegaraan mengungsi ke Bangladesh. Pemerintahan Suu Kyi membela penumpasan itu yang dikatakan sebagai operasi menumpas pemberontak, bukan pembersihan etnis. Dan siap menerima kepulangan Rohingya dari pengungsian.

(Baca Juga : Sekjen PBB: Kisah Pembunuhan dan Pemerkosaan Warga Rohingya Tak Terbayangkan)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini