Share

Menpar Harapkan 3 Event Unggulan Sulawesi Selatan Mampu Dongkrak Jumlah Wisman

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 13 406 1921913 menpar-harapkan-3-event-unggulan-sulawesi-selatan-mampu-dongkrak-jumlah-wisman-I8ib2h43EH.jpg Calender Sulawesi Selatan 2018 (Foto: Arung/Okezone)

Menteri Pariwisata (Menpar) Indonesia, Arief Yahya, bersama pejabat dari Sulawesi Selatan secara resmi meluncurkan Calendar of Event Sulawesi Selatan 2018. Provinsi beribukota di Makassar itu pada 2018 memiliki tiga event unggulan yang masuk dalam daftar 100 Wonderful Event 2018.

“Sulawesi Selatan memiliki tiga event pariwisata yang masuk dalam 100 Wonderful Event Indonesia 2018 dan jumlah ini terbanyak di antara enam provinsi yang ada di Sulawesi,” ujar Menpar Arief Yahya dalam peluncuran di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata, Jakarta Pusat, Kamis 12 Juli 2018.

Ketiga event yang menjadi unggulan Sulawesi Selatan adalah Eight Festival (F8) yang digelar di Kota Makassar, Lovely December yang akan dihelat di Toraja, dan Festival Phinisi di Bulukumba. Tiga dari ratusan event di Sulawesi Selatan tersebut diharapkan mampu mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan yang ditargetkan 250 ribu orang.

Baca Juga:

Menpar Arief Yahya menambahkan, unsur 3 A (Atraksi, Amenitas, dan Aksesibilitas) untuk Provinsi Sulawesi Selatan sudah cukup memadai dalam mendukung pariwisata. Apalagi, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sudah memiliki konektivitas yang cukup baik sebagai hub dan pintu gerbang bagi wisatawan untuk berkunjung ke destinasi di Indonesia Timur.

Sekretaris Daerah Sulawesi Selatan, H. Tautoto Tana Ranggina Saroengallo menuturkan, kunjungan wisatawan ke daerahnya mengalami peningkatan sejak 2016. Pada periode tersebut, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 234.249 orang sementara wisatawan domestik mencapai 8,4 juta.

“Sebagian besar wisatawan tersebut berkunjung ke Makassar mencapai 74% sedangkan ke Toraja 8%, Bulukumba 2%, dan destinasi lain 2%,” urai H. Tautoto.

Acara terdekat adalah Festival Phinisi yang digelar pada 13-16 September 2018 di Bulukumba. Festival tersebut akan menampilkan keunikan budaya pembuatan kapal phinisi, mulai dari ragam keahlian proses pembuatan, hingga peluncuran yang disertai dengan upacara ritual.

Ajang selanjutnya adalah Eight Festival (F8) and Forum yang akan digelar di Pantai Losari, Makassar, pada 10-14 Oktober 2018. F8 yang sudah memasuki penyelenggaraan ketiga menampilkan delapan unsur pertunjukan yaitu fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fusion music, serta fiction writer & font yang menyertakan peserta dari mancanegara.

Acara unggulan terakhir, Lovely Toraja akan berlangsung di Kota Makale pada 28-30 Desember 2018. Festival tersebut akan dimeriahkan dengan Festival Kopi dan Kompetisi Barista Internasional; Festival Foto Wisata; Toraja Night Run; Pameran Kuliner; serta pagelaran seni budaya.

Selain tiga event unggulan itu, Sulawesi Selatan juga menggelar berbagai acara sepanjang 2018. Beberapa yang menjadi unggulan yakni Beautiful Malino di Gowa pada 14-15 Juli; Toraja Marathon di Tana Toraja pada 20 Oktober 2018; Festival Takabonerate dan Sail & Sale Selayar di Kepulauan Selayar pada 23-28 Oktober; dan Festival Danau Tempe pada 19-22 September 2018.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(ren)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini