Share

5 Kandidat Terkuat Peraih Golden Ball Piala Dunia 2018, Nomor 1 Paling Berpotensi

Bagas Abdiel, Okezone · Jum'at 13 Juli 2018 19:12 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 13 51 1922085 5-kandidat-terkuat-peraih-golden-ball-piala-dunia-2018-nomor-1-paling-berpotensi-jZdPH664w4.jpg Luka Modric (Foto: Reuters)
A A A

PIALA Dunia 2018 akan segera berakhir. Tak hanya menunggu untuk mengetahui siapa yang akan menjadi juara, elemen lain juga menarik untuk ditunggu. Itu adalah peraih golden ball atau penghargaan untuk pemain terbaik di turnamen Piala Dunia.

Banyak drama yang terjadi di ajang Piala Dunia tahun ini. Sejumlah tim favorit juara pun harus kandas lebih awal seperti halnya Jerman, Argentina, Spanyol, Portugal, bahkan Brasil. Sejumlah bakat-bakat terpendam pun telah muncul di ajang empat tahun sekali pada 2018.

Akan tetapi beberapa pemain telah menunjukkan lebih dari yang lain untuk mengejar trofi Golden Ball. Berikut ini adalah lima pemain yang akan menjadi kandidat kuat untuk meraih Golden Ball di Piala Dunia 2018.

5. Danijel Subasic (Kroasia)

Tidak ada yang mengira penjaga gawang AS Monaco akan disebutkan di antara pemain terbaik. Pemain berusia 33 tahun itu tidak pernah dianggap sebagai salah satu golongan yang lebih baik di dunia sepakbola. Subasic hanyalah pemain pengganti setelah pensiunnya kiper terbaik Kroasia yakni Stipe Pletisoka di Piala Dunia 2014.

Akan tetapi ia telah menjadi jantung dari kehebatan Kroasia di Piala Dunia 2018. Subasic memiliki kemampuan, kepemimpinan, dan ketangkasan yang telah membuat gawang Vatreni –julukan Timnas Kroasia- menjadi aman.

Kualitasnya telah menunjukkan sebagian besar dalam laga adu penalti kontra Denmark dan Rusia. Ia secara heroik memenangi laga kontra Rusia meski bermain dengan cedera. Subasic bahkan mengamankan gawang Kroasia dari Fedor Smolov dalam adu penalti yang akhirnya mengantarkan kemenangan untuk timnya.

Danijel Subasic

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Edinson Cavani (Uruguay)

Hanya ada beberapa striker di Piala Dunia 2018 yang tampil menawan. Cavani salah satunya. Ia telah menunjukkan kerja kerasnya, berlari dan melakukan segalanya untuk kemenangan tim. Kurangnya pemain sayap di atas rata-rata di Timnas Uruguay membuat top skor Liga Prancis musim lalu itu harus memainkan peran triple. Sebagai pencetak gol, pemain sayap, dan juga bertindak sebagai garis pertahanan pertama.

Cavani menunjukkan kemampuan yang apik saat melawan Mesir dengan menciptakan banyak peluang. Pemain Paris Saint-Germain (PSG) itu juga menunjukkan ketenangan saat mengantarkan kemenangan melawan Arab Saudi.

Pada pertandingan terkakhir, ia pun akhirnya meledak saat melawan Rusia. Begitu pun saat menghadapi Portugal di babak 16 besar. Ia mencetak gol dan memberikan perlawanan tanpa jeda. Dua gol yang ia sarangkan ke gawang Portugal menunjukkan bahwa dia adalah penembak jitu kelas dunia yang benar-benar terbaik.

Sayang ia harus absen saat bertemu Prancis di babak perempatfinal. Cedera yang dialaminya saat jumpa Portugal membuatnya gagal mengantarkan Uruguay melaju lebih jauh ke semifinal.

Edinson Cavani

3. Artem Dyzuba (Rusia)

Gairah dan tingkat kerja Dyzuba telah menjadi salah satu fitur terbaik dari perjalanan Rusia hingga ke perempatfinal Piala Dunia 2018. Sejatinya pemain berposisi striker itu tidak memiliki hubungan baik dengan pelatih Stanislav Cherchesov menyusul keputusan pemain untuk melewatkan Piala Konfederasi tahun lalu.

Akan tetapi kehadiran Dyzuba membuat Rusia menjadi lebih baik, terutama dalam permainan. Ia mampu berpadu indah dengan Aleksandr Golovin dan Denis Cheryshev dalam pertandingan grup melawan Arab Saudi dan Mesir.

Dyzuba pun tampil menawan saat menghadapi Spanyol di babak 16 besar. Belum lagi, ia juga menciptakan assit untuk gol menakjubkan Cheryshev saat jumpa Kroasia di babak perempatfinal Piala Dunia 2018.

Artem Dyzuba

2. N’Golo Kante (Prancis)

Kante tampil menjadi ruang mesin bagi Prancis. Kante disebut sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di planet ini. Bintang Chelsea itu secara diam-diam dan efisien dalam menjaga pertahanan dan mengatur lini tengah Les Bleus –julukan Timnas Prancis.

Dengan pengecualian gol Sergio Aguero di perempatfinal antara Prancis vs Argentina, Kante telah menjadi sosok sempurna. Pada babak penyisihan grup, kehadiran dan kemampuannya membatasi Christian Eriksen sangat apik.

Ia juga dengan gemilang mampu mengatasi Lionel Messi yang tidak bisa bergerak banyak. Bahkan Uruguay tidak bisa berbuat apa-apa dengan penjagaan Kante. Kecemerlangannya pun juga membantu Paul Pogba memainkan peran yang lebih sentral.

Pasangan bek tengah yakni Raphael Varane dan Samuel Umtiti pun merasa terbantu dengan keberadaan Kante. Kontribusi Kante yang besar bukan tidak mungkin, ia bisa mendapat penghargaan Golden Ball pada Piala Dunia 2018.

N'Golo Kante (Foto: AFP)

1. Luka Modric (Kroasia)

Modric merupakan kapten yang jenius dan kreatif. Reputasi Modric sebagai salah satu gelandang terbaik di dunia, membuat kpirahnya sangat mumpuni di Piala Dunia 2018. Bahkan para pakar dan penggemar memiliki harapan besar untuk Tim Kroasia berkat pemain Real Madrid tersebut.

Berperan sebagai gelandang serang, Modricu memiliki mitra yang sesama jeniusnya yakni Ivan Rakitic. Kecanggihan Modric dalam mengolah serangan membuat para pemain Kroasa jelas mendominasi di semua pertandingan yang mereka mainkan.

Modric sangat bagus dalam pertandingan pembuka melawan Nigeria di mana dia mencetak gol penalti. Namun, dia sangat fenomenal dalam pertandingan melawan Argentina, yang mana ia mengalahkan seorang Lionel Messi. Penampilannya pun ditutup dengan gol kedua yang megah ke gawang Argentina.

Setelah mengantarkan Madrid meraih gelar Liga Champions ketiganya berturut-turut, kini Modric memiliki tujuan untuk membawa Timnas Kroasia menjuarai Piala Dunia 2018. Tentu saja kemenangan tersebut akan memberikan hasil positif bagi Kroasia yang tak pernah membayangkan akan berjaya di Piala Dunia.

Luka Modric (Foto: AFP)

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini