Share

Siap Terbang ke Tanah Suci, Segera Tuntaskan Urusan Utang-Piutang

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Jum'at 13 Juli 2018 18:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 13 600 1922011 siap-terbang-ke-tanah-suci-segera-tuntaskan-urusan-utang-piutang-duCc03zCrw.jpg Ilustrasi jamaah haji (Foto: Ist)
A A A

JAKARTA - Kelompok terbang (Kloter) pertama jamaah haji Indonesia akan terbang pada 17 Juli 2018. Sebelum Anda terbang untuk menunaikan ibadah haji, sebenarnya ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, apa saja?

Mengutip Buku Tuntunan Manasik Haji dan Umrah yang dirilis Kementerian Agama, yang pertama harus dilakukan adalah bertaubat, termasuk memperbanyak zikir dan mohon bimbingan kepada Allah SWT.

 Ilustrasi haji

Lalu menyelesaikan masalah-masalah yang berkenaan dengan tanggung jawab. Misalnya tanggung jawab kepada keluarga, pekerja. Dan jangan lupa terhadap utang-piutang.

Disarankan melakukan silaturahmi dengan sanak keluarga, kawan dan masyarakat dengan mohon maaf dan doa restu.

Selanjutnya, harus membiasakan pola hidup sehat. Tujuannya agar pelaksanaan haji menjadi lebih mudah. Serta jangan lupa mempelajari manasik atau tata cara ibadah haji sesuai ketentuan hukum Islam.

Grafis haji

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini