Share

Cegah Stunting, Begini Pentingnya Pendidikan soal Gizi

Ulfa Arieza , Okezone · Minggu 22 Juli 2018 06:48 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 21 320 1925577 cegah-stunting-begini-pentingnya-pendidikan-soal-gizi-4R95TEZh2C.jpg Foto: Direktur Indofood Axton Salim dalam Acara Hidup Sehat Yuk (Taufik/Okezone)
A A A

JAKARTA - Ruangguru, PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood), dan Positive Deviance Resource Centre Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (PDRC FKM UI) berkolaborasi dengan meluncurkan program Hidup Sehat Yuk!. Program itu berupa konten edukasi digital mengenai kesehatan yang dapat diakses di aplikasi Ruangguru.

Acara peluncuran ini diselenggarakan di XXI Epicentrum, Jakarta Selatan dengan menghadirkan aktor Iqbaal Ramadhan dan content creator Gita Savitri selaku brand ambassador Ruangguru.

Acara peluncuran ini dihadiri lebih dari 500 peserta yang terdiri dari pelajar, guru, orang tua, dan juga media nasional.

Berdasarkan laporan baseline SDG tentang anak Indonesia tahun 2017 yang diterbitkan oleh Bappenas dan UNICEF, beban ganda malnutrition Indonesia merupakan masalah yang sangat serius.

Pada tahun 2013, 12% anak di bawah usia 5 tahun terkena wasting (berat badan rendah dibanding tinggi badan) dan jumlah yang sama mengalami overweight (kelebihan berat badan). Sementara itu di tahun yang sama ada sekitar 37% anak dibawah 5 tahun mengalami stunting.

Melihat hal tersebut, Indofood dan PDRC FKM UI telah berinisiatif untuk melakukan pendidikan tentang pentingnya gizi seimbang dan kesehatan kepada remaja dengan topik mengenai 1000 Hari Pertama Kehidupan, Anemia pada

Remaja, Gizi Seimbang, dan Kesehatan Remaja, yang semula dilakukan melalui penyuluhan secara langsung, kini dikemas dengan pendekatan yang jauh lebih modern dan relevan dengan gaya belajar anak saat ini.

“Di Ruangguru, kami tidak hanya menyediakan konten belajar yang berkualitas, namun kami juga ingin memberikan nilai lebih. Kami percaya kecerdasan anak ditunjang oleh kesehatan dan juga pemenuhan gizi yang seimbang. Oleh karena itu, kolaborasi ini diharapkan bisa memberikan dampak yang luas bagi anak-anak di Indonesia,” ujar Co-Founder dan CEO Ruangguru Belva Devara dikutip dari keterangan tertulis, di Jakarta, Minggu (22/7/2018).

Mengingat perlunya pengetahuan tentang gizi agar menjangkau lebih banyak remaja putri dalam waktu yang cepat, Indofood dan PDRC FKM UI menggandeng Ruangguru yang merupakan penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terbesar di Indonesia. Saat ini Ruangguru memiliki lebih dari 8,5 juta pengguna. Nantinya, melalui aplikasi Ruangguru akan tersedia konten pelajaran bernama Hidup Sehat Yuk! yang dapat dinikmati oleh pengguna ruangbelajar kelas 7-12. Konten tersebut terdiri dari video belajar, kuis, rangkuman, dan juga latihan topik.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Indofood yang juga Co-Chair Scaling Up Nutrition Business Network Axton Salim mengatakan, permasalahan gizi utama kita adalah stunting. Upaya preventif untuk mengurangi permasalahan gizi bangsa tersebut harus dimulai sejak dini.

"Kami percaya bahwa edukasi melalui aplikasi digital dirasakan lebih sesuai dengan kebiasaan generasi Z, sehingga kerja sama ini diharapkan dapat membantu menjangkau lebih banyak remaja dalam waktu yang lebih singkat," kata dia.

Sementara, Guru Besar FKM UI Endang L. Achadi menyampaikan, masalah kesehatan dan gizi harus ditangani segera. Stunting sebagai contoh, bukan sekadar masalah ukuran tubuh, tetapi yang lebih penting adalah anak yang stunting kemungkinan besar juga mengalami hambatan pertumbuhan dan perkembangan organ-organ lainnya, seperti otak, jantung, dan ginjal, sehingga berpengaruh terhadap kemampuan kognitif (kecerdasan) dan risiko berbagai Penyakit Tidak Menular (PTM) saat dewasa, seperti hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

"Selain itu, masalah kesehatan yang banyak dihadapi remaja putri adalah Anemia yang disebabkan oleh konsumsi makanan yang tidak bergizi seimbang. Kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang dilakukan oleh Indofood dan Ruangguru untuk membantu remaja mulai menyadari pentingnya gizi dan kesehatan untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah dan gemilang," kata dia.

Peluncuran program ini dibuka oleh Gita Savitri dengan pemaparan fakta dan masalah kesehatan yang sering dihadapi remaja, kemudian dilanjutkan oleh Iqbaal Ramadhan untuk memaparkan solusi yang dibuat berdasarkan kerja sama Ruangguru, Indofood, dan PDRC FKM UI. Keduanya, merupakan figur generasi muda Indonesia yang peduli terhadap pendidikan di Indonesia. Iqbaal Ramadhan adalah seorang aktor, musisi, dan juga siswa alumni United World College, Amerika Serikat.

Sementara Gita Savitri, selain menjadi mahasiswa di Freie Universiät Berlin, ia juga aktif sebagai content creator yang terpilih menjadi Youtube’s Creators for Change dan melakukan kegiatan relawan di sejumlah negara.

Turut hadir pula dalam sesi tanya jawab yaitu CEO Ruangguru Belva Devara, CPO Ruangguru Iman Usman, Direktur Indofood dan Axton Salim dan Endang L. Achadi dari PDRC FKM UI. Acara ditutup dengan sesi kuis cerdas cermat bersama penonton serta penampilan musik dari Iqbaal Ramadhan, Gita Savitri dan tim Ruangguru.

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini