Share

Wisata Buatan Manusia Jadi Andalan Kejar Kunjungan Wisatawan

Annisa Aprilia, Jurnalis · Rabu 25 Juli 2018 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 406 1927315 wisata-buatan-manusia-jadi-andalan-kejar-kunjungan-wisatawan-d200jZLYPK.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

THEME park atau taman rekreasi merupakan salah satu tujuan wisata yang telah sejak lama jadi favorit keluarga. Dalam sebuah taman rekreasi, setiap anggota keluarga dapat menikmati permainan yang tersedia di dalamnya.

Namun, sedikit lebih jauh sebelum tiba di sebuah taman rekreasi, para penggiat bisnis di bidang tersebut tentu perlu menyiapkan permainannya, mulai dari tren hingga keamanan pengunjung.

Salah satu cara untuk berburu permainan khas taman rekreasi adalah dengan mengikuti pameran permainan bertajuk Fun Asia Expo 2018, yang mulai hari ini hingga esok digelar di Hall D2 Jiexpo Kemayoran, Jakarta.

Baca Juga: Kembali Mencuat Isu Ikan Bertelur Membahayakan Manusia, Sikap Kementerian Kelautan dan Perikanan Ini Wajib Disimak!

Meskipun acara ini hanya berlangsung dua hari saja, namun memiliki dampak yang cukup mempengaruhi target kunjungan wisatawan mancanegara yang dicanangkan pemerintah lewat Kementerian Pariwisata. Lewat terselenggaranya Fun Asia Expo, artinya wisata buatan manusia atau man made di Indonesia kian didukung oleh pemerintah bersama penggiat bisnis taman rekreasi.

"Fun Asia Expo merupakan suatu kontribusi positif terhadap pemerintah untuk mencapai wisatawan mancanegara yang ditargetkan 20 juta kunjungan pada 2019 mendatang," ungkap Taufik A Wumu, Ketua Umum Asosiasi Rekreasi Keluarga Indonesia (ARKI), dalam kesempatan Opening Ceremony Fun Asia Expo, di Hall D2 Jiexpo, Jakarta, Rabu (25/7/2018).

"Dengan adanya Fun Asia, pameran dihadiri oleh eksibitor lebih dari 16 negara dan pengunjung yang setidaknya minimal stay di Jakarta sekira 3-5 hari. Artinya pameran ini pun mendukung pariwisata Indonersia untuk mencapai target tersebut," tambah dia.

Baca Juga: Jadi Ibu Bahagia Itu Sangat Mudah, Psikolog: Hanya Butuh Satu Hal Ini!

Di sisi lain, wisata Indonesia memang sedang meningkatkan destinasi buatan manusia atau man made yang beberapa waktu ini sedang digaungkan pemerintah. Maka, dengan adanya investor yang membuat taman rekreasi wisata buatan manusia bisa jadi daya tarik baru.

"Kalau boleh ada satu tantangan, empat kawasan ekonomi wisata, kalau bisa ada satu theme park terbesar yang dibuat di Indonesia. Tidak hanya hotel atau lapangan golf saja, tapi theme park pun dibangun bisa indoor atau outdoor. Sehingga ada join venture baru," papar Hengky Manurung, Kasubdit Investasi Pariwisata, mewakili Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Hengky pun berharap dengan tertariknya investor membangun taman rekreasi yang berbasis man made atau buatan manusia, target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 20 juta kunjungan bisa tercapai. Selain itu, Hengky juga menganggap taman rekreasi dapat melengkapi daya tarik wisata yang ada di Indonesia.

"Indonesia memiliki budaya kuat dan pemandangan alam pun bukan main indahnya, tapi man made tourism tetap dibutuhkan. Sehingga semakin beragam pula tujuan wisata di Indonesia. Semoga Fun Asia Expo bisa jadi event terbesar untuk usaha rekreasi di Asia Pasifik dan dunia," imbuh Hengky.

Namun, meskipun tujuan wisata buatan manusia melalui taman rekreasi tengah digencarkan, tantangannya tetap ada. Menurut Hengky, salah satu tantangan yang cukup sulit adalah mengganti gambar latar belakang yang biasa ada di permainan atau kawasan taman rekreasi.

"Tantangannya memasukkan gambar background 10 destinasi yang sebelumnya tidak ada di mana- mana, seperti Candi Borobudur, Danau Toba. Jadi, sambil anak bermain bisa mengenal destinasi yang ada di Indonesia," tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini