Share

PUPR Minta Penjelasan Soal Proyek Halte Sudirman Terhalang Rumput

Giri Hartomo , Okezone · Rabu 25 Juli 2018 15:03 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 470 1927144 pupr-minta-penjelasan-soal-proyek-halte-sudirman-terhalang-rumput-B9xmTNmrxt.jpg Penataan Trotoar di Jalan Sudirman Jakarta (Foto: Giri Hartomo)
A A A

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana memanggil Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terkait viralnya foto halte di trotoar Jalan Sudirman, Jakarta.

Nantinya, pemerintah akan meminta keterangan kenapa halte trotoar yang terletak di depan Gedung CIMB Sudirman itu didesain seperti itu.

"Iya bisa (memanggil Pemprov buat minta keterangan terkait halte tersebut)," ujar Kepala Biro Humas Kementerian PUPR Endra Saleh Atmawidjaja saat dihubungi Okezone, Rabu (25/7/2018).

Seperti diketahui, belakangan viral foto meme di media sosial tentang halte bus di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta. Yang membuatnya viral adalah halte bus yang berada di trotoar Jalan Sudirman tersebut terhalang oleh rumput yang ditanam di depannya. 

Dalam meme yang cukup viral tersebut, ada pertanyaan yang menarik tentang bagaimana jika masyarakat ingin naik atau turun bus. Ada empat pilihan yang diberikan pada meme tersebut

Pilihan pertama adalah dengan cara loncat, lalu yang kedua adalah dengan cara terbang. Kemudian pilihan ketiga adalah dengan menginjak rumput dan pilihan keempat adalah itu bukan halte bis.

Menurut Endra, seharusnya Pemprov DKI menyediakan jalur khusus pejalan kaki yang ingin menaiki atau turun dari bus. Sebab dari jalan tersebut atau tepatnya di dekat FX Sudirman terlihat ada beberapa jalan yang sengaja dibuat untuk masyarakat yang ingin naik dan turun dari bus.

"(Di seberangnya) sudah dibuatkan bukaan sebagai akses dengan lebar 2 meter," ucapnya.

Endra menambahkan, penataan trotoar yang ada dalam foto tersebut bukanlah kewenangan dari Kementerian PUPR ataupun pemerintah pusat. Menurutnya, penataan trotoar dan pendestrian di kawasan Sudirman dan Thamrin merupakan tugas dari PT MRT Jakarta dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"(Itu ranahnya) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama PT MRT Jakarta (penataan trotoar Sudirman Thamrin)," ucapnya.

(feb)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini