Share
Advertisement

Ditemukan Spesies Baru Dinosaurus 'Amazing Dragon' di China

Anggita Nurlitasari , Jurnalis-Rabu 25 Juli 2018 20:22 WIB
(Foto: Xu Xing/Reuters)
(Foto: Xu Xing/Reuters)
A
A
A

JAKARTA - Ahli paleontologi menemukan fosil dari spesies baru dinosaurus di Nortwestern China. Penemuan dinosaurus Lingwulong shenqi menunjukkan bahwa ini merupakan kelompok dinosaurus pemakan tumbuhan awal yang disebut sauropods.

Penemuan dinosaurus baru ini merupakan Neosaurupod, bagian dari kelompok yang berleher panjang pemakan tumbuhan yang juga termasuk Brontosaurus dan Diplodocus.

Dilansir Abcnews, Rabu (25/7/2018), diperkirakan memiliki ukuran tubuh antara 35 dan 57 kaki dari ujung kepala hingga ekor. Penemuan ini dipublikasikan di British Journal, Nature Communication pada selasa kemarin.

Lingwulong shenqi memiliki arti "Amazing Dragon from Lingwu". Lingwu merupakan wilayah tempat ditemukannya dinosaurus ini. ‘Long’ merupakan kata mandarin untuk ‘dragon’ dan ‘amazing’ merupakan bahasa mandarin dari shenqi.

 

Baca juga: Bos PUBG Ungkap Rencana eSports PlayerUnknown's Battlegrounds

Sebelumnya pencarian ditunjukkan pada neosauropods yang berkembang antara 163 juta dan 145 juta tahun lalu, pada periode jurasic akhir. Akan tetapi fosil Lingwulong shenqi berasal dari 174 juta tahun yang lalu, menunjukkan neosauropods muncul lebih awal di Pangea, di periode pertengahan Jurassic.

Ahli paleontologi diminta untuk memeriksa ulang hipotesis mengenai dinosaurus diplocoid dan berkeliling untuk menemukan fosil yang berusia 15 juta tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.

 

Baca juga: Samsung Galaxy S10 Jawab Tantangan iPhone Tahun Depan

Kelompok dinosaurus ini juga tersebar ke bagian Asia Timur yang diyakini ketika Pangea masih berupa daratan yang luas.

(ahl)

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya
Berita Terkait
Telusuri berita techno lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement