Share

Ada Semangka Orange, Rasanya?

Feby Novalius, Okezone · Rabu 25 Juli 2018 17:35 WIB
https: img.okezone.com content 2018 07 25 65 1927254 ada-semangka-orange-rasanya-Y0MW9oYx0N.jpg UGM Perkenalkan Semangka Orange (Foto: Web UGM)

JAKARTA - Fakultas Biologi UGM memperkenalkan teknologi tepat guna kastrasi polinasi semangka orange pada warga Desa Depokrejo, Ngombol, Purworejo, Jawa Tengah.

“Tujuannya untuk mengenalkan kepada masyarakat bagaimana mengembangkan benih unggul semangka orange,” kata Ketua Pelaksana Hibah Teknologi Tepat Guna (TTG) Semangka Orange Drs. Heri Sujadmiko, seperti dilansir website UGM, Rabu (25/7/2018).

Sosialisasi dilaksanakan pada Minggu 15 Juli 2018 dan dihadiri sebanyak 20 orang yang terdiri dari masyarakat umum maupun perangkat desa.

Heri menyebutkan Desa Depokrejo merupakan salah satu daerah potensial untuk budidaya buah semangka merah dan kuning. Melalui inovasi pengembangan semangka orange dengan teknik kastrasi polinasi ini diharapkan dapat mendorong terciptanya Desa Depokrejo sebagai sentra semangka orange terbesar di Indonesia.

Panen Semangka di Desa Peunaga Pasi Aceh Barat

“Harapannya nanti bisa menunjang perekonomian masyarakat desa,” tuturnya.

Kegiatan sosialisasi teknologi tepat guna ini mendapatkan respons yang cukup positif dari warga masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan antusiasme warga dalam mengikuti sosialisasi.

“Mereka tidak sabar untuk melaksanakan pelatihan praktik langsung di lapangan nanti," ujarnya.

Petani Pesisir Singaraja Panen Semangka

Program sosialisasi ini tidak hanya memperkenalkan teknik kastrasi polinasi semangka orange saja. Dalam kegiatan ini juga turut diperkenalkan cara perawatan lahan secara berkelanjutan dengan metode penggunaan pupuk organik cair yang disampaikan oleh Dwi Umi Siswanti, S.Si, M.Sc.

Selain itu, juga disampaikan materi mengenai “One Village One Product” oleh Dekan Fakultas Biologi, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc. Materi ini disampaikan guna memotivasi masyarakat desa dalam mengembangkan desa sentra semangka orange.

(feb)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini