Share

LRT Jakarta Beroperasi Terbatas saat Asian Games, Apa Alasannya?

Inews , Jurnalis · Sabtu 11 Agustus 2018 19:55 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 11 320 1935220 lrt-jakarta-beroperasi-terbatas-saat-asian-games-apa-alasannya-uon4lxzu2w.jpg Ilustrasi: Foto Okezone
A A A

JAKARTA - Light Rail Transit (LRT) Jakarta berpotensi tidak bisa digunakan oleh masyarakat pada saat Asian Games 2018. Pasalnya, berdasarkan evaluasi teknis hingga saat ini masih ada beberapa bagian dari LRT yang belum dapat difungsikan.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, berdasarkan hasil tersebut maka penggunaan LRT Jakarta dilakukan secara terbatas. LRT Jakarta hanya dapat dijalankan untuk dua stasiun yaitu Stasiun Boulevard Utara di depan Mal Kelapa Gading dan Stasiun Velodrome Rawamangun.

"Kita sepakat dengan Pemda DKI kita akan lakukan terbatas dari Kelapa Gading ke Velodorme khususnya. Jadi masih bisa digunakan tapi terbatas hanya dua stasiun," ujarnya di BP2IB Curug, Tangerang, Sabtu (11/8/2018).

 Melihat Gerbong LRT Saat Diuji Coba di Kelapa Gading

Selain itu, LRT Jakarta hanya bisa digunakan oleh atlet dan official Asian Games 2018 saja. Dengan demikian, untuk masyarakat yang tidak sabar mencicipi transportasi umum ini tampaknya harus menunggu hingga LRT Jakarta siap untuk digunakan.

"Tertentu saja (penggunaannya) buat official sama atlet saja dan Pemda (DKI Jakarta), masyarakat terbatas," kata dia.

Dia melanjutkan, dalam pembangunan LRT Jakarta ini pihaknya tidak mau memaksakan pengoperasiannya karena dapat berakibat fatal. Pasalnya, yang didapat dari evaluasi teknis transportasi ini memang belum dapat digunakan.

"Karena kita pikir memang belum selesai ya jadi kita jangan terlalu dipaksakan. Jangan kita paksakan kalau dipaksakan nanti jadi apa-apa kan masalah," ucapnya.

 Ini Dia Gerbong Kereta LRT Kelapa Gading Jika Dilihat Dari Udara

Sebagai informasi, rencananya LRT Jakarta dapat mulai digunakan saat Asian Games mendatang. Namun ternyata yang hanya bisa digunakan adalah fase satu dengan jalur sepanjang 5,8 kilometer dan dapat ditempuh selama 10-15 menit di mana waktu kedatangan kereta setiap 15 menit.

Untuk proyek pembangunan LRT sendiri secara umum terbagi menjadi tiga komponen yaitu pekerjaan prasarana, sarana dan persiapan operasional. Bila dirinci, progres pra sarana telah mencapai 82,06%, sarana 84,57%, dan operasional 91%.

Terdapat enam stasiun yang akan dilintasi LRT Jakarta antara lain, Stasiun Velodrome, Stasiun Equestrian (depan Superindo), Stasiun Pulo Mas (dekat Simpang Perintis), Stasiun Boulevard Selatan (depan Total Buah), Stasiun Boulevard Utara (depan Mal Kelapa Gading), dan Stasiun Pegangsaan Dua (berhimpitan dengan Depo LRT).

Baca Juga: instalasi-interactivity-gaungkan-keselarasan-dalam-pameran-arch-id-2024

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dni)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini