Share

Tips agar Penderita Diabetes Bisa Makan Enak Termasuk Durian

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Sabtu 11 Agustus 2018 21:19 WIB
$detail['images_title']
Gula darah (Foto: SmartFetilitychoices)

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa penderita diabetes dianjurkan untuk menghindari konsumsi makanan mengandung gula berlebihan. Hal ini dilakukan untuk mencegah peningkatan kadar gula darah di dalam tubuh yang dapat menimbulkan dampak kesehatan seperti kelelahan, kerusakan saraf, gagal ginjal, penyakit jantung, hingga tidak sadarkan diri atau koma.

Tak heran jika sebagian besar penderita diabetes mengaku tidak lagi mengonsumsi nasi putih, roti tawar, minuman bersoda, serta makanan yang mengandung gula. Pasalnya, selain dengan pengobatan, diabetes juga harus diimbangi melalui pola makan khusus yang telah disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi mereka.

Dalam arti lain, sebagian besar menu makanan yang boleh dikonsumsi rasanya cenderung hambar karena diolah tanpa menggunakan bumbu penyedap rasa. Pola makan seperti inilah yang biasanya menjadi tantangan terberat bagi para diabetesi.

 

Namun Anda tidak perlu khawatir. Ternyata ada tips bagi penderita diabetes yang ingin menikmati hidangan lezat seperti sedia kala.

"Siapa bilang diabetesis tidak boleh makan mi ayam? Mereka bisa mengonsumi makanan tersebut dengan porsi yang berbeda. Triknya Anda hanya boleh mengonsumsi 1/4 daging ayam dan 1/4 mi dari porsi aslinya. Selain itu harus dilengkapi sayuran yang porsinya dua kali lipat dari porsi mi yang akan dikonsumsi," tutur Dr. dr. Aris Wibudi SpPD, KEMD, di bilangan Jakarta Selatan.

Bagaimana dengan durian? Apakah ada cara khusus yang dapat dilakukan diabetesis untuk mengonsumi buah eksotis ini?

BACA JUGA:

Seksinya Pakaian Aurel Hermansyah, Bisa Bikin Pria Nelen Ludah

"Makan durian juga bisa. Tapi sebelumnya harus makan sayuran mentah dulu 200 gram, 1 buah timun, dan 1 buah tomat baru boleh makan durian. Sayuran ini berfungsi untuk menghambat penyerapan gula di dalam tubuh," tukasnya.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(dno)