Share

6 Makanan Ini Picu Lonjakan Tekanan Darah Tinggi, Hindari Selagi Muda!

Dewi Kania, Okezone · Rabu 15 Agustus 2018 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 15 298 1936890 6-makanan-ini-picu-lonjakan-tekanan-darah-tinggi-hindari-selagi-muda-TSDPwVWHoj.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)
A A A

TEKANAN darah tinggi melonjak bisa disebabkan karena makanan. Misalnya dari pengaruh makanan kalengan, minuman beralkohol, hingga makanan yang terlalu asin.

Hipertensi memang saat ini dialami oleh banyak orang tak memandang usia. Faktor gaya hidup jadi pemicunya, termasuk karena pengaruh makanan.

Ada banyak daftar makanan yang bisa memicu lonjakan tekanan darah tinggi secara mendadak. Dilansir Okezone dari Thehealthsite, berikut adalah 6 makanan tersebut yang harus Anda hindari.

Baca Juga: 5 Zodiak Ini Sulit Banget Bilang "I Love You", Gengsi atau Malu-Malu Kucing?

Acar

Saat makan daging kambing atau makanan lain yang berlemak, Anda pasti mengandalkan acar. Sangat disayangkan, acar ternyata bisa memicu lonjakan tekanan darah tinggi. Sebab, makanan ini mengandung tinggi sodium yang dapat membuat hipertensi kambuh.

Buah zaitun

Banyak ahli setuju bahwa kandungan garam dalam buah zaitun terlalu tinggi dapat pula memicu hipertensi. Tapi kalau sudah diekstrak menjadi minyak aman dikonsumsi karena mengandung asam lemak Omega 3 yang baik. Namun tetap saja sebaiknya batasi konsumsi buah zaitun yang langsung diolah karena tidak aman bagi tekanan darah.

Makanan manis

Semua jenis makanan manis memang menggugah selera, tapi kalau terlalu banyak dikonsumsi bisa memicu kambuhnya hipertensi. Gula yang terkandung di dalamnya juga sulit dicerna, sehingga dapat juga mengganggu gula darah.

Alkohol

Minuman beralkohol jelas tidak baik bagi kesehatan jantung. Minuman ini dapat memicu penyempitan arteri yang berdampak buruk. Di samping itu, jika konsumsi minuman ini terlalu sering juga sangat berkaitan erat dengan tekanan darah tinggi.

Kafein

Kafein secara langsung terkait dengan peningkatan tekanan darah, termasuk teh dan kopi. Minuman ini diklaim dapat memblokir hormon yang membantu menjaga arteri dengan baik.

Makanan kaleng

Saus tomat, sup kalengan, buah kaleng, sarden, dan lain sebagainya juga dapat memicu tekanan darah tinggi. Sebabnya, makanan kalengan mengandung tinggi garam yang buruk untuk kesehatan. Belum lagi makanan tersebut diawetkan yang nantinya dapat memicu karsinogenik.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini