Share

Cita Rasa Menu Andalan Restoran Cerenti Siap Menggoyang Lidah

Dewi Kania, Okezone · Rabu 15 Agustus 2018 15:24 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 15 298 1936915 cita-rasa-menu-andalan-restoran-cerenti-siap-menggoyang-lidah-ptowPb9hv8.jpg Sajian di restoran Cerenti Grand Zuri (Foto: Dewi Kania/OKezone)
A A A

SUDAH bukan rahasia lagi jika para pencinta kuliner hobi berpetualang mencicipi aneka masakan lezat dari berbagai daerah, dan bahkan negara lain. Di sisi lain, mungkin akan butuh waktu untuk bisa datang ke berbagai tempat yang menyajikan cita rasa aneka masakan tersebut.

Ternyata tidak juga. Bagi Anda yang tak mau repot mendatangi banyak tempat hanya untuk hunting berbagai kelezatan cita rasa makanan, bisa mampir ke Restoran Cerenti.

Restoran yang ada di dalam Grand Zuri Hotel BSD City ini menawarkan suasana tenang dan nyaman. Sebab dekorasi dari restoran ini mengusung tema modern desain special wood. Filosofinya, Anda datang ke sini untuk mendapatkan pelayanan berkualitas, suasana yang nyaman, serta harga yang bersahabat.

Manager Food and Beverage Dimas Purbo Iskandar mengatakan, nama Cerenti berasal dari sebuah kabupaten tertua di Riau, yang kebetulan adalah tanah kelahiran pemilik Zuri Hotel Manajemen tersebut.

Restoran yang berdiri sejak 2012 ini menjadi sasaran kaum sosialita, ekspatriat dari banyak negara dan orang-orang di yang tinggal di sekitaran BSD City. Di restoran ini mampu menampung sekira 115 tamu ini Anda bisa mencicipi aneka hidangan masakan Nusantara, Western, dan Asian. Banyak menu pilihan yang cocok jadi kudapan makan siang atau makan malam sesuai selera.

Okezone berkesempatan mencicipi main course andalan yang menjadi favorit banyak tamu di sini, yaitu Sop Buntut Balado dan Norwegian Glazze Salmon.

Kedua hidangan itu punya ciri khas dan cita rasa berbeda, yang satu tentunya asli Indonesia. Sedangkan ikan salmon yang dipanggang matang yang dihidangkan dengan saus khas Norwegia itu tentunya sajian Western. Dua-duanya tentu sama-sama menggoda lidah!

Sous Check Grand Zuri Hotel Irwan Taufano menjelaskan, penyajian sop buntut balado di Cerenti sangat berbeda dari menu yang ada di restoran lain. Proses diawali dengan merebus buntut sapi hingga empuk yang membutuhkan waktu sekira 5-6 jam. Bumbunya tidak hanya mengandalkan bawang merah dan bawang putih, tapi juga aneka rempah lain, seperti jahe, cengkeh dan kapulaga. Saat sudah matang, buntut sapi itu digoreng sebentar sebelum akhirnya dicampur dengan bumbu balado bercita rasa pedas.

 

Saat dicicipi, benar saja, daging yang menempel di tulang langsung lepas saat disendok. Ini menandakan bahwa tekstur dagingnya empuk. Ditambah bumbunya sedikit pedas dan warnanya merah menggoda. Untuk meminimalisir rasa pedasnya, kuah sop sudah menanti. Gurih, nikmat, membuat lidah berdansa!

Okezone sudah puas mencicipi sop buntut balado, tapi rasanya mulut sulit berhenti mengunyah. Kali ini suguhan yang disajikan adalah menu Norwegian Glazze Salmon.

 

Ikan salmon segar yang menjadi bintang utama sajian ini dipanggang sampai matang, lalu disiram saus jamur meleleh. Sebagai pelengkapnya ada turning potato, mix vegetables, dengan tambahan creamy mustard sauce.

"Sejak awal hotel dan restoran ini berdiri, menu ini laris sekali. Meskipun ada menu baru lainnya, tapi ikan salmon panggang ini tetap dicari-cari tamu," ungkap Chef Irwan.

Tak sabar, Okezone pun mencicipinya. Saus jamur yang super creamy menjadi yang pertama berkenalan dengan lidah.Rasanya cenderung sedikit asin, tapi tetap mantap. Ikannya meski dipanggang matang, tetap terasa lembut di lidah. Aromanya juga tidak amis.

Setelah mencicipi sajian pedas dan creamy, dessert berbahan dasar dark chocolate compound sebagai penawar sudah menanti. Okezone juga lanjut mencicipi chocolate foudge.

Chef Irwan mengatakan, dessert manis ini berasal dari Amerika Serikat. Tekstur dari chocolate foudge ini cenderung padat. Saat disantap, cokelatnya terasa lembut dan menyatu di mulut. Penyajiannya berupa layer chocolate dan sponge cake, dibuat dari tepung terigu, telur dan tambahan cokelat bubuk murni, kemudian dibalut dengan saus cokelat pekat. Sebagai pemanisnya, ada tambahan buah stroberi segar dan white chocolate di atasnya.

Dessert ini paling nikmat disantap dalam keadaan dingin. Bahkan sebelum disuguhkan kepada tamu, chocolate foudge disimpan di dalam freezer terlebih dahulu.

 

Kalau menurut Anda rasanya terlalu manis, sajian ini juga nikmat disantap dengan cappuccino hangat yang diracik dengan biji kopi Arabika Wamena. Minuman ini juga bisa dibilang sangat spesial mengingat biji kopinya cukup jarang ditemui.

Satu lagi ada sajian yang menambah kepuasan adalah banana fritter. Hidangan ini mirip seperti pisang nugget kekinian. Cara membuatnya sebenarnya mudah, pisang cukup dilembutkan menjadi adonan yang siap digoreng. Namun sebelumnya, pisang terlebih dulu dibalut dengan tepung terigu, telur dan tepung roti. Adonan dibekukan agar mudah digoreng.

Setelah itu adonan dipotong-potong dan digoreng. Santapan lezat ini disajikan berselimut keju parut dan disiram saus cokelat. Bila suka, Anda bisa menambahkan saus vanila yang disajikan terpisah.

Tak hanya makanan, Restoran Cerenti ini juga punya menu minuman spesial dari buah-buahan segar. Karomah dan Lychee Lucky Charm. Keduanya mengandalkan racikan buah leci segar dan tambahan sirup leci.

Karomah merupakan sajian minuman dari perpaduan buah stroberi dan leci yang diblender dengan es batu dengan sirup leci. Asam manisnya minuman tersebut sangat cocok melepas dahaga usai terpapar cuaca panas terik.

Sementara itu, minuman Lychee Lucky Charm juga mampu mengusir dahaga. Minuman favorit dari tempat ini dibuat dari bahan dasar susu, yoghurt, ditambah sirup leci, dan jus mangga sebagai topping. Prosesnya dikocok sampai semua tercampur rata.

Terlepas dari itu, pengalaman makan di Restoran Cerenti begitu menyenangkan. Harganya juga terjangkau mulai dari Rp30 ribuan-Rp200 ribuan. Okezone memberi nilai 9 dari 10. Kalau ingin makan di sini, jam buka restoran mulai dari pukul 06.00-23.00 WIB.

Selamat berpetualang kuliner!

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(hth)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini