Share

Menag Diteriaki Puluhan Jamaah 'Indonesia Bisa' ketika di Masjidil Haram

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 15 453 1936894 menag-diteriaki-puluhan-jamaah-indonesia-bisa-ketika-di-masjidil-haram-wPao7eAJjR.jpg Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin saat selfie (foto: ist)
A A A

MAKKAH - Ada pemandangan tidak biasa di Masjidil Haram, Selasa (14/8/2018) malam, ketika Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin saat akan melaksanakan salat magrib berjamaah.

Saat itu Lukman sedang menjajal bus salawat nomor 7 jusuran Syisyah ke terminal Syib Amir, Makkah tujuan Masjidil Haram.

Sesampainya di terminal Syib Amir, Lukman disambut jamaah haji Indonesia. Beberapa dari mereka tampak mengajak Lukman berfoto bersama dan bersalaman.

Sebelum menuju Masjidil Haram, Lukman menyempatkan diri meninjau sektor khusus Masjidil Haram. Puluhan jamaah Indonesia, mengerumuni ruangan sektor yang berbentuk kontainer.

Para jamaah yang mengetahui keberadaan Lukman, bersahutan berteriak dan melambaikan tangan. Mereka menyambut meriah Lukman, layaknya pendemo.

 Menang

"Bagus! Bagus! Fasilitas bagus!" teriak seorang jamaah. "Makanan enak! Spesial!" teriak jamaah lainnya.

Ada juga jamaah lain yang berteriak di hadapan Menag Lukman. "Indonesia Bisa! Indonesia Bisa!" kata jamaah itu secara serentak.

Jamaah tampaknya antusias terhadap upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan selama di Tanah Suci. Mereka mengaku puas, nyaman, dan merasa aman dengan pelayanan dan para petugasnya. Sehingga jamaah tetap khusuk saat beribadah.

Seorang jamaah asal Mojokerto, Jawa Timur, yang tergabung dalam kloter SUB-76, Maskun Efendi, mengapresiasi pemberian alat perlindungan diri (APD).

 menag

"Tambahan kacamata, payung, dan tas punggung berbendera Indonesia," kata Maskun.

Maskun mengakui pelayanan haji tahun ini bagus. Dia berharap, pelayanan haji tahun depan berjalan jauh membaik.

"Mudah-mudahan untuk tahun berikutnya jauh lebih bagus. Insya Allah jamaah bisa konsentrasi untuk ibadah," ujar dia.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini