Share

Strategi Petugas Mobilisasi Jamaah saat Armina

Amril Amarullah, Jurnalis · Rabu 15 Agustus 2018 19:34 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 15 453 1937073 strategi-petugas-mobilisasi-jamaah-saat-armina-nC0GDjruYr.jpg Jamaah Haji berdoa di Padang Arafah, Makkah. Foto/Reuters
A A A

MAKKAH - Kepala Satuan Operasi Armina Jaetul Muchlis menyatakan, saat pelaksaan puncak haji di Arafah, mabit di Muzdalifah dan Mina (Armina), pihaknya akan mengerahkan 3.849 petugas untuk memobilisasi jamaah selama wukuf.

Petugas akan dibagi menjadi tiga kelompok. Pertama adalah satgas Arafah yang akan tiba di Arafah pada 7 Dzulhijjah pukul 19.00 waktu setempat. Mereka akan mengecek kesiapan akhir tenda tempat jamaah wukuf beserta dapur dan toilet.

Kedua adalah satgas Muzdalifah. Sebelum jamaah berangkat ke sana, satgas ini akan lebih dulu berangkat ke Muzdalifah pada 9 Dzulhijjah siang.

Jamaah digerakkan ke Muzdalifah pada sore hari. Sedangkan Satgas Mina akan mengecek kesiapan segala pelayanan jamaah. Pada 10 Dzulhijjah dini hari pukul 01.00 waktu setempat jamaah dipindahkan ke Mina untuk jumrah aqabah.

“Semuanya kita kerahkan. Ini adalah puncak haji yang membutuhkan perhatian ekstra, momentum yang sangat melelahkan,” kata Jaetul di Syisyah Makkah pada Rabu (15/8/2018).

Jamaah haji akan berada di Mina sampai 12 Dzulhijjah bagi yang menyelesaikan Nafar Awal. Sedangkan jamaah yang melengkapi lempar jumrah sampai 3 hari atau nafar sani akan berpindah ke pemondokannya pada akhir hari tasyrik atau 13 Dzulhijjah.

Selama menjalani wukuf, jamaah diimbau banyak beraktivitas di dalam tenda untuk menghindari paparan panas matahari yang sangat menyengat.

Konsumsi cairan dan makanan harus dijaga agar kesehatan dan daya tahan tubuh tetap terjaga. Bahkan pada puncak haji nanti suhu di sana diprediksi mencapai 50 derajat celsius.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini