Share

Potensi Valencia Rusak Dominasi The Big Three Liga Spanyol

Bagas Abdiel, Okezone · Rabu 15 Agustus 2018 20:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 15 46 1937025 potensi-valencia-rusak-dominasi-the-big-three-liga-spanyol-H6YpjGEiYx.jpg Valencia siap tatap musim baru. (Foto: Facebook Valencia)
A A A

KLUB asal Spanyol, Valencia, hadir pada musim ini dengan mempersiapkan diri untuk kembali menapaki kompetisi Liga Champions musim depan. Musim lalu, Valencia mampu menunjukkan penampilan impresif setelah finis di posisi keempat dan bersaing ketat dengan Real Madrid untuk memperebutkan posisi ketiga klasemen akhir Liga Spanyol 2017-2018.

Musim ini, Valencia sudah sepatutnya menjadi tim yang kembali diperhitungkan di kompetisi liga domestik. Sebagai tim kuda hitam, Los Che -julukan Valencia- siap membendung dua raksasa Spanyol yakni Barcelona dan Real Madrid, serta satu tim tambahan, Atletico Madrid.

Karena itu, Valencia menghadirkan beberapa wajah baru yang bisa menjadi ancaman untuk tim-tim besar. Sejumlah pemain baru pun telah didatangkan Valencia seperti Kevin Gameiro, Michy Batshuayi, dan Daniel Wass yang bisa tampil sebagai peran penting bagi klub musim ini.

Marcelino Garcia Toral

(Marcelino Garcia Toral pelatih Valencia. Foto: Facebook Valencia)

Valencia kini masih ditangani Marcelino Garcia Toral yang selalu memainkan formasi 4-4-2 dan terbukti efektif pada musim 2017-2018. Pelatih berpaspor Spanyol itu pun sangat terkenal dalam mengembangkan bakat pemain muda, seperti yang dimiliki Valencia musim lalu. Bahkan dengan skuad yang ada, Marcelino mampu memanfaatkan setiap pemain yang ada. Musim 2017-2018 pun menjadi bukti bahwa debutnya bersama Valencia bisa dikatakan berhasil.

Musim lalu, Valencia masuk menjadi empat besar tim paling produktif di Liga Spanyol dengan koleksi 65 gol. Dengan kesuburan tersebut, tiga dari empat striker Valencia mencetak lebih dari 10 gol. Rodrigo Moreno menjadi yang paling banyak dengan koleksi 16 gol, diikuti Simone Zaza (13) serta Santi Mina (12).

Sejatinya filosofi bermain Marcelino bisa dikatakan tidak terlalu istimewa. Skema permainan arahan pelatih 52 tahun itu lebih untuk menguasai bola, bermain menekan, dan agresif yang merupakan ciri khas sepakbola Spanyol. Gaya bermain itu juga yang pada akhirnya membuat Valencia tampil impresif dan cukup produktif musim lalu.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Persaingan Ketat di Lini Depan

Kehadiran beberapa penyerang baru di bursa transfer musim panas ini diprediksi bisa semakin menambah daya gedor Valencia. Keberadaan Gameiro dan Batshuayi pun bisa menjadi amunisi baru bagi Los Che untuk semakin produktif pada musim ini. Akan tetapi, kedatangan keduanya pun tak lepas dari kekhawatiran Valencia yang bisa saja ditinggalkan Zaza pada musim panas ini.

Dengan pola 4-4-2, Valencia kini dihadapkan dengan empat striker utama yang bisa menjadi pilihan. Meski belum adanya kepastian soal masa depan Zaza, sepertinya tempat untuk pemain berusia 27 tahun itu akan tergeser. Maka dua tempat di depan bisa dipastikan akan diperebutkan oleh tiga pemain yakni Rodrigo, Gameiro, dan Bathsuayi.

Dengan Mahar 16 Juta Euro, Valencia Dapatkan Kevin Gameiro dari Atletico Madrid

(Gameiro pemain baru Valencia)

Rodrigo sepertinya bisa menjadi pilihan utama bagi Valencia untuk tetap mempertahankan posisinya sebagai striker andalan Los Che. Kemudian satu tempat lagi bisa jadi milik Gameiro ataupun Bathsuayi. Kedua pemain baru itu sama-sama memiliki kualitas baik yang tentunya akan menjadi persaingan tersendiri bagi keduanya untuk memperebutkan satu tempat.

Batshuayi sepertinya bisa menjadi rekan duet yang apik bagi Rodrigo. Kualitasnya yang dimilikinya dengan kecepatan dan kekuatan bisa menjadi ancaman tersendiri bagi setiap lawan. Pemain yang dipinjamkan dari Chelsea itu mampu menunjukkan ketangguhannya di Stamford Bridge. Ia hanya membutuhkan beberapa menit untuk menampilkan semua potensi yang dimilikinya. Karakteristiknya bisa menjadi partner yang sempurna untuk Rodrigo.

Meski begitu, Gameiro juga bisa menjadi pilihan lain. Pemain 31 tahun itu sejatinya didatangkan untuk menggantikan Zaza. Akan tetapi, kehadiran Batshuayi bisa saja menggeser posisinya. Ini tentu akan menjadi tantangan tersendiri baginya. Akan tetapi, ia memiliki kecepatan dan kualitas yang bisa dipertimbangkan Marcelino untuk mendapat tempat utama. Bahkan bukan hanya untuk menggeser Batshuayi, tetapi juga Rodrigo.

Resmi! Striker Chelsea Michy Batshuayi Gabung Valencia dengan Status Pinjaman

(Bathsuayi dipinjam Valencia dari Chelsea)

Sementara Rodrigo adalah pemain yang berkontribusi besar bagi Valencia. Meski namanya bisa menjadi pilihan utama, tetapi bukan tidak mungkin namanya justru tergeser oleh dua pemain baru Bathsuayi dan Gameiro. Maka dari itu, ada banyak pilihan bagi Marcelino untuk menempatkan dua striker di depan. Ketiganya bahkan bersama Zaza memiliki kualitas yang sama untuk bisa diandalkan pada musim ini. Selain itu, ada pula Mina yang bisa alternatif lain, mengingat mereka akan memiliki kompetisi yang padat di musim 2018-2019.

Peran Dani Parejo

Akan tetapi, jangan lupakan nama sang kapten yakni Dani Parejo yang diprediksi masih akan menjadi pemain penting bagi Valencia. Pemain berusia 29 tahun itu dipercaya bisa menunjukkan kualitas dan kepemimpinannya di lini tengah seperti halnya musim lalu. Parejo bisa jadi jaminan bagi Valencia selama ia memutuskan untuk tetap bertahan dan tidak mendengarkan tawaran dari tim lain.

Dani Parejo

(Parejo kapten Valencia. Foto: AFP)

Keberadaan Parejo pun bisa diduetkan dengan pemain yang baru saja mereka patenkan dari Inter Milan yakni Geoffrey Kondogbia. Sementara di sisi kanan, Carlos Soler sepertinya masih akan menempati posisi tersebut. Sementara itu di sisi kiri, kehilangan Goncalo Guedes yang kembali ke tempat klub aslinya di Paris Saint-Germain, tak dikhawatirkan Valencia. Pemain anyar asal Denmark, Daniel Wass bisa menjadi pilihan tepat untuk mengisi pos tersebut.

Sementara pada posisi bertahan, empat pemain bek tengah bisa dipastikan akan saling berebut untuk mendapatkan dua tempat. Dua posisi itu akan diperebutkan Gabriel Paulista, Ezequiel Garay, Jeison Murillo, dan Mouctar Diakhaby. Sementara itu di posisi fullback kiri,  Jose Gaya masih menjadi pilihan utama. Di sisi sebelahnya, mereka memiliki amunisi baru yakni Cristiano Piccini yang kini telah menjadi solusi bagi Valencia yang secara konstan memiliki masalah di posisi bek kanan. Selain itu, posisi kiper dipercaya akan menjadi kembali milik Norberto Murara Neto.

Dengan skuad ada yang dimiliki saat ini, bukan tidak mungkin Valencia bisa menjadi klub berbahaya yang bisa mendobrak dominasi Barcelona, Madrid, dan Atletico di Liga Spanyol. Kebangkitan Valencia di bawah asuhan Marcelino musim lalu membuat Los Che layak disebut kembali sebagai kuda hitam dan siap menembus kasta tertinggi.

“Tim ini (Valencia) memang dipersiapkan untuk bersaing di level tertinggi dan kami akan membuat tim ini lebih kuat (dari musm lalu),” ucap Presiden Valencia, Anil Murthy, seperti dilansir dari Marca.

Pelatih: Marcelino Garcia Toral

Stadion: Stadion Mestalla

Kapasitas: 49.500

Pertama Dibuka: 20 Mei 1923

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini