Share

Naik Helikopter, Menteri Susi Beri Orientasi Maba Universitas Indonesia

Vanni Firdaus Yuliandi, Okezone · Rabu 15 Agustus 2018 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 15 65 1936987 naik-helikopter-menteri-susi-beri-orientasi-maba-universitas-indonesia-YkFZ2VGKJD.jpg Menteri Susi Hadiri Orientasi Kegiatan Kampus UI (Foto: Universitas Indonesia)

JAKARTA – Orientasi Kegiatan Kampus (OKK) 2018 untuk mahasiswa baru angkatan 2018 hampir mencapai puncak acara pada 13 dan 14 Agustus 2018 dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh panitia OKK Universitas Indonesia (UI) 2018. Panitia OKK UI 2018 menyelenggarakan talk show dengan tema “Mengoptimalkan Potensi Indonesia.”

Turut mengundang berbagai pembicara terkemuka, salah satunya adalah Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Menteri Susi datang ke kampus UI Depok dengan menggunakan helikopter serta beberapa pejabat Kementrian Kelautan dan Perikanan beserta kawalan panitia OKK UI menuju panggung utama Balairung. 

Susi Pudjiastuti memulai pembicaraan dengan suara khas sekaligus menyampaikan topik pembahasan mengenai potensi besar kemaritiman yang dimiliki oleh Indonesia. Data yang dijelaskan bahwa Indonesia memiliki pulau sebanyak 17.504 dan 111 diklasifikasikan sebagai pulau terluar, selain itu panjang laut Indonesia mencapai 97.000 km dan nomor 2 terpanjang di dunia.

Menteri Susi Angkat Bicara soal Kebakaran Kapal di Pelabuhan Benoa

Berlanjut mengenai zona ekonomi eksklusif yang dimiliki Indonesia, yaitu 5.800.000 km2 dan sumber daya manusia yang menempati posisi nomor 5 di dunia. Melalui data tersebut, kritik disampaikan oleh Menteri Susi selama 7 tahun terakhir

“Indonesia hanya berkonsentrasi pada kebijakan yang berfokus pada daratan saja, padahal sebanyak 71% luas wilayah Indonesia merupakan laut (belum ditambah sungai dan danau sekitar 5-10%) dan hanya 29% sisanya adalah daratan,” kata Susi, seperti dikutip dari laman UI, Rabu (15/8/2018).

Visi Indonesia yang ingin menjadi poros maritim dunia melalui pidato presiden diwujudkan oleh Menteri Susi dengan kebijakan yang tegas dan tanpa kompromi agar rakyat Indonesia dapat menikmati kesejahteraan yang berasal dari laut.

Menteri Susi Angkat Bicara soal Kebakaran Kapal di Pelabuhan Benoa

Oleh karena itu melalui Undang-Undang yang dibuat, muncul kebijakan yang cukup populer yaitu dengan menenggelamkan kapal-kapal pencuri asing dan hal itu merupakan bentuk pelaksanaan penegakkaan hukum atas landasan kedaulatan Indonesia.

Hasil dari kebijakan tersebut di antaranya ekspor perikanan tangkap naik, neraca perdagangan ikan Indonesia nomor 1 di Asia Tenggara dan lapangan pekerjaan kembali terbuka di bidang perikanan, kelautan & kemaritiman.

Terakhir melalui sesi tanya jawab, beliau berpesan kepada mahasiswa baru harus memiliki keinginan untuk terus belajar dan bekerja keras serta harus memiliki integritas dalam berbagai hal.

(feb)

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini