Share

Sambal Terasi hingga Sambal Lado, Pedesnya Bikin Ketagihan

Pradita Ananda, Okezone · Sabtu 18 Agustus 2018 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 17 298 1937928 sambal-terasi-hingga-sambal-lado-pedesnya-bikin-ketagihan-5cAwNKOO2a.jpg Sambal (Foto: Culturenesia)
A A A

BAGI masyarakat Indonesia pada umumnya, makanan bercita rasa pedas memiliki tempat spesial. Hampir setiap daerah provinsi di Indonesia memiliki sajian makanan pedas khas masing-masing yang mana jadi kesukaan sepanjang masa orang Indonesia. Sebut saja makanan Padang, makanan Manado, hingga makanan Bali yang menjadi salah satu makanan pedas khas Indonesia.

Bicara soal makanan pedas, tiada lengkap jika tak menyinggung soal sambal. Setiap restoran atau tempat makan di Indonesia, walau bukan spesialiasasi makanan pedas pasti menawarkan sambal. Terbiasa makan selalu dengan sambal, tidaklah mengherankan jika banyak orang Indonesia yang bepergian ke luar negeri pasti memboyong sambal dari Indonesia, karena memang tak bisa makan tanpa sambal.

Well, dari begitu banyak varian sambal yang ada di Indonesia. Apa saja sih sekiranya sambal terkenal dari Indonesia yang biasanya juga membuat orang non-Indonesia juga ketagihan? Melansir Indoindians, baca dulu yuk uraian singkat lima aneka sambal terkenal dari Indonesia di bawah ini.

Sambal terasi 

Salah satu sambal yang paling populer di Indonesia, juga dikenal dengan nama sambal belacan. Sambal terasi mentah biasanya dibuat dari cabai segar, tomat, terasi (pasta udang) dan bawang merah. Sambal terasi umumnya dijadikan cocolan untuk dimakan bersama lauk yang digoreng, ikan goreng, ayam, hingga bebek goreng dan juga lalapan.

Sambal bawang 

Memiliki aroma khas bawang putih yang dijamin akan membuat lidah menari-nari. Dibuat menggunakan cabai segar, bawang putih, dan garam yang dihancurkan bersama-sama menggunakan ulekan. Sebelum disajikan, minyak goreng panas dicampurkan ke sambal. Baru kemudian dijadikan sebagai cocolan untuk ayam goreng, tahu, atau tempe. Sensasi pedas dan panas yang bikin ketagihan!

Sambal lado

Sambal satu ini berasal asli dari daerah Padang, Sumatera Barat. Disebutkan sebagai sambal yang punya karakteristik, panas dan berwarna merah menyala yang semakin membuat orang yang melihatnya menjadi semakin tergiur. Untuk membuatnya, dibutuhkan cabai yang dihancurkan, bawang putih, bawang merah, bawang, tomat, garam, dan air jeruk nipis lalu baru semua bahan ditumis dengan minyak goreng panas.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

Sambal hijau

Walau tak berwarna merah, bukan berarti sambal ini tak pedas dan tak selezat sambal berwarna merah loh! Sambal yang biasa ditemukan di sajian makanan khas Padang ini, dikatakan hadir dengan aroma dan rasa khas tersendiri karena terbuat dari cabai hijau. Bahan-bahannya berupa cabai hijau, bawang putih, dan bawang merah yang digoreng lalu ditambahkan dengan garam dan gula sebelum ditumbuk dengan ulekan.

Sambal dabu-dabu

Masakan Manado terkenal punya cita rasa pedas. Sehingga tak mungkin rasanya melewatkan menyantap hidangan masakan Manado tanpa sambal dabu-dabu. Sambal mentah yang dibuat dari potongan cabe segar, tomat, bawang merah, dan air jeruk nipis. Cara membuatnya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan semua bahan-bahan dalam mangkuk, tambahkan dengan gula dan garam, dan tuangkan dengan minyak sayur panas sebelum disajikan. Tidak jauh berbeda seperti sambal salsa ala Meksiko.

Sambal matah

Sambal populer ini berasal dari Bali, yang mana sama seperti sambal dabu-dabu. Sambal matah juga dibuat dari bahan mentah seperti bawang merah, cabai, tomat, serai, dan satu bahan khusus yakni kecombrang. Tampilan warna-warni dari sambal ini ditambah dengan rasanya yang segar, memang pasti akan membangkitkan selera makan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini