Share

Suara Angklung Meriahkan Perayaan HUT ke-73 RI di Mesir

Muhamad Rizky , Okezone · Sabtu 18 Agustus 2018 06:45 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 18 18 1938167 suara-angklung-meriahkan-perayaan-hut-ke-73-ri-di-mesir-1TzoNtQHnz.jpg (Foto: KBRI Kairo)
A A A

JAKARTA - Sekalipun jauh dari Tanah Air, peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-73 RI di Mesir tetap khidmat dan meriah, Jumat 17 Agustus 2018. Lagu daerah asal Papua, 'Yamko Rambe Yamko' menggema memeriahkan suasana.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Okezone, upacara memperingati detik-detik proklamasi digelar di halaman KBRI Cairo, Cairo, pukul 08.25 waktu setempat. Upacara dipimpin Kuasa Usaha Ad Interim, Abdurrahman Sabran. Selain staf KBRI, upacara ini diikuti guru dan siswa Sekolah Indonesia Cairo (SIC), mahasiswa dan WNI yang tinggal di Mesir.

Sementara satu peleton paskibra yang bertugas mengibarkan bendera berasal dari gabungan pelajar Indonesia yang studi di SIC dan Ma’had Al Azhar Mesir. Khusus untuk paduan suara, KBRI Cairo melibatkan puluhan pelajar dari SIC.

Foto: KBRI Kairo

Selain lagu 'Yamko Rambe Yamko', tim paduan suara juga menyanyikan lagu daerah ‘Ampar-Ampar Pisang’ dari Kalimantan Selatan. Saat menyanyikan lagu daerah, siswa SIC juga memainkan alat musik tradisional asal Jawa Barat, angklung. Alhasil, perpaduan bunyi angklung dengan dua lagu daerah yang dibawakan pun terdengar apik. Upacara sendiri berlangsung selama 40 menit.

Foto: KBRI Kairo

Usai upacara, perayaan HUT RI dilanjutkan dengan acara tasyakuran. Dalam acara ini diisi dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang berbagai perlombaan yang digelar dalam rangka memperingati proklamasi. Perlombaan tersebut antara lain lomba bowling, bulutangkis, sepak takraw, catur, tenis meja, serta permainan khas peringatan HUT RI, seperti tarik tambang dan balap karung.

Selain pemotongan tumpeng, acara tasyakuran juga diwarnai dengan doa bersama untuk para korban gempa bumi yang menimpa masyarakat Nusa Tenggara Barat (NTB).

Foto: KBRI Kairo

“Semoga perayaan ini bisa menumbuhkan semangat bagi generasi muda kita di sini untuk menjaga kesatuan, keutuhan, dan keberagaman Indonesia di masa mendatang,” kata Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Cairo, Abdurrahman Sabran.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini