Share

Makanan Ajaib ini hanya Ada di Indonesia, Apa Saja?

Annisa Aprilia, Okezone · Sabtu 18 Agustus 2018 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 18 298 1938172 makanan-ajaib-ini-hanya-ada-di-indonesia-apa-saja-5GqM0HU0Yt.jpg Tempe (Google)
A A A

INDONESIA sebagai negara yang beragam budayanya pun memiliki beragam kuliner. Tidak sekadar beragam, makanan khas Indonesia yang bermacam-macam itu juga memiliki cita rasa yang lebih dari enak dan mengejutkan.

Bagaimana tidak, makanan seperti bakso di Indonesia bisa dibilang ajaib, karena hanya bisa ditemukan di tanah air saja dan isinya mampu membuat selera makan semakin membuncah. Tidak hanya bakso saja yang terbilang makanan ajaib yang ada di Indonesia, tapi masih ada makanan lainnya yang berhasil Okezone himpun dari berbagai sumber, berikut ini.

 Baca juga: HUT Ke-73, 5 Hal Ini Pasti Bikin Kamu Bangga dan Cinta Indonesia

1. Bakso mercon

Bakso mercon

Bakso semula hanya ada bakso urat dan isi telur saja, tentu sudah biasa dan wajar. Tapi bakso isi sambal super pedas, baru ada beberapa waktu belakangan ini. Kreativitas para penjaja bakso dan selera pasar yang menginginkan pengalaman baru dalam kuliner membuat banyak makanan menawarkan sensasi berbeda.

2. Ampo tanah liat yang dimakan

Ampo tanah liat

Selain tidak wajar dan terkesan ajaib karena bisa dimakan, tanah liat yang disebut ampo ini ternyata makanan khas dari daerah Cirebon. Untuk membuat ampo yang sudah jarang ditemui, tidak menggunakan sembarang tanah liat, tapi hanya tanah liat yang ada di dalam bagian tanah sawah saja yang bisa diolah.

 Baca juga: Mematikan Alarm dan Kembali Tidur Membuat Tubuh Lemas

3. Tempe

Tempe

Walau murah dan tidak terkesan mewah, tapi tempe sudah mendunia. Tempe bisa dibilang makanan ajaib, karena dalam pembuatannya membutuhkan proses cukup panjang lewat fermentasi dengan membiarkan kacang kedelai selama beberapa jam. Hebatnya lagi walau harganya murah tempe tetap memiliki kandungan gizi yang luar biasa bagi tubuh.

4. Bakso beranak

Bakso beranak

Bakso beranak pun bisa dibilang makanan ajaib. Bagaimana tidak, tampilannya dari luar memang selayaknya bakso pada umumnya, tapi setelah dibelah pencinta bakso akan menemukan butiran-butiran bakso kecil yang tengah menunggu untuk dinikmati. Dinamakan beranak, karena saat dibelah bakso-bakso kecil akan muncul ke luar, seperti bayi lahir dari rahim ibu.

 Baca juga: Benarkah Nama Indonesia Berasal dari Akronim Wali Songo?

5. Sate ulat sagu

sate ulat sagu

Tidak banyak orang yang bersedia memakan ulat sagu bagaimana pun olahannya. Alasannya jelas bentuknya yang bagi mereka menjijikan atau karena memiliki alergi terhadap protein tinggi. Tapi, ulat sagu juga termasuk dalam makanan ajaib karena bisa hidup di dalam batang pohon sagu yang sudah membusuk.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini