Share

Selamat Tinggal Cash, Ini Sederet Keuntungan Sistem Pembayaran Digital

Agregasi Sabtu 18 Agustus 2018 19:26 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 18 320 1938227 selamat-tinggal-cash-ini-sederet-keuntungan-sistem-pembayaran-digital-m1zkKxDivK.jpg Ilustrasi: Foto Shutterstock
A A A

JAKARTA - Digital payment adalah cara pembayaran dengan menggunakan yang menggunakan media elektronik. Seseorang bisa melakukan transkasi pembayaran dengan short message service (sms), internet banking, mobile banking, atau dompet elektronik.

Seiring dengan perkembangan teknologi, orang mulai beralih menggunakan digital payment dan perlahan meninggalkan sistem pembayaran tunai. Hal ini karena semakin banyak orang yang manfaat pembayaran digital. Berikut berbagai keuntungan digital payment yang bisa Anda rasakan.

1. Lebih Mudah dan Praktis

Jelas, sistem digital payment jauh lebih praktis daripada cara pembayaran tunai. Para pengguna kartu digital payment, sangat memahami bagaimana sistem ini mempersingkat proses pembayaran. Hal ini karena Anda hanya menggunakan satu kartu yang digesek atau di-tap tanpa harus repot merogoh uang ke dalam tas. Setelah pembayaran, Anda dan kasi pun tidak perlu repot menghitung uang kembalian.

 

Jika semakin banyak orang yang melakukan digital payment, maka jalur antrian pembayaran di kasir atau loket akan semakin pendek.

2. Transaksi Lebih Aman

Digital payment memang tidak luput dari ancaman tindak kenjahatan. Pembayaran dengan digital payment mengandung risiko terkena tindakan peretasan, pencurian data, fraud atau kecurangan. Salah satu cara menjaga keamanan data nasional pada praktik digital payment, pemerintah meluncurkan gerbang pembayaran nasional (GPN). Dengan adanya GPN, semua data transaksi diproses di dalam negeri.

Selain itu,salah satu upaya pengamanan digital payment adalah dengan menggunakan digital signature yaitu kode identifikasi identitas pengirim pesan yang menjamin keaslian isi pesan elektronik. Selain itu, ada pula sertifikasi Secure Socket Layer (SSL) yang membantu menyembunyikan informasi pribadi dari pelanggan e-commerce dari pihak ketiga yang mencoba untuk mencuri data.

 

3. Kenyamanan Bertransaksi

Selain keamanan transaksi, digital payment juga menawarkan kenyamanan saat melakukan pembayaran. Sekali lagi, digital payment memungkinkan Anda melakukan transaksi tanpa harus berpindah tempat. Jadi, Anda bisa melakukan pembelian barang atau pembayaran dari rumah atau di sela kesibukan kerja.

Keuntungan lain yang bisa dirasakan jika menggunakan digital payment dibandingkan pembelian secara tunai adalah Anda hanya perlu membayar sesuai nilai yang diminta. Anda tidak perlu membayar lebih tinggi karena pembulatan ke atas dari nilai uang yang tidak genap.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

4. Kecepatan Transaksi

Digital payment adalah sistem pembayaran real time. Jadi, jika membayar saat ini, maka uang Anda sudah bisa langsung diterima pihak penerima dalam waktu beberapa detik saja.

Hal ini menguntungkan buat Anda sudah terdesak waktu untuk membayar tagihan. Kenyamanan transaksi ini juga bermanfaat buat Anda yang membuka usaha sampingan toko online, untuk menjamin perputaran uang terjaga stabil.

5. Bisa Digunakan untuk Berbagai Layanan

Ada berbagai produk digital payment, mulai dari kartu kredit, uang elektronik, internet banking, mobile banking, hingga dompet digital. Anda bisa memilih digital payment yang sesuai dengan kebutuhan.

Satu aplikasi digital payment bisa menawarkan berbagai layanan transaksi. Anda bisa mentransfer uang ke bank lain, membayar tagihan bulanan, hingga membeli barang secara online. Jika kebutuhan transaksi lain, Anda bisa menambah fitur layanan dengan mudah.

Selain bermacam manfaat yang telah disebutkan di atas, pengguna sistem digital payment juga seringkali bisa mendapat promosi dan bonus setelah transaksi pembayaran. Jadi, Anda bisa mendapat untung lebih besar lagi.

Dengan digital payment, kini Anda tidak perlu membawa uang banyak di dompet. Anda hanya cukup memegang kartu atau gadget untuk menyelesaikan semua transaksi keuangan harian Anda di mana saja.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini