Share

Rektor UNS Dianugerahi Academic Leader Awards Kemenristekdikti 2018

Vanni Firdaus Yuliandi, Okezone · Sabtu 18 Agustus 2018 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2018 08 18 65 1938192 rektor-uns-dianugerahi-academic-leader-awards-kemenristekdikti-2018-D058FDwHmN.png Foto: Rektor UNS Dianugerahi Academic Leader (Instagram)

JAKARTA - Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Ravik Karsidi mendapat anugerah Academic Leader Awards Kemenristekdikti 2018.

Penganugerahan ini bertepatan dengan HUT Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus 2018. Demikian seperti dikutip Okezone dalam akun instagram UNS, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

"Alhamdulillah pada Jumat malam (17/8/18) Prof. Ravik Karsidi (Rektor UNS) mendapat anugerah ACADEMIC LEADER AWARDS Kemenristekdikti 2018," tulisnya.

Sekedar informasi, sebagai wujud apresiasi terhadap akademisi, khususnya dosen Indonesia, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) akan menyelenggarakan Academic Leader Award tahun 2018.

 

Kegiatan ini menjadi ajang penghargaan bagi sosok pemimpin akademik yang berdedikasi pada peningkatan kualitas pendidikan tinggi Tanah Air. Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Dikti, Ali Ghufron Mukti mengatakan, academic leader tidak hanya mengarah pada pemimpin institusi semata, tetapi juga mereka yang memposisikan diri sebagai seorang profesional, inspirator, serta motivator di kelompok atau bidang keahliannya.

“Kami melihat ada gairah dan upaya nyata dari para pemimpin perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi Indonesia, namun selama ini kurang terekspos luas ke publik. Ajang Academic Leader Award ini pun menjadi apresiasi dari pemerintah untuk sosok yang sudah menunjukkan semangat meningkatkan mutu pendidikan tinggi kepada masyarakat,” ujar Dirjen Ghufron, Kamis 5 Agustus 2018.

 

Academic Leader Award, ucap Dirjen Ghufron, tahun ini menjadi rangkaian acara dari penyelenggaraan Simposium Cendekia Kelas Dunia (SCKD) 2018. Menjadi penutup kegiatan SCKD 2018 pada 17 Agustus malam mendatang, penghargaan kepada insan akademik ini juga bersamaan dengan momentum HUT RI ke-73.

Guru Besar Universitas Gadjah Mada (UGM) itu berharap, apresiasi ini dapat menjadi cikal bakal lahirnya academic leader baru lainnya yang mampu membawa perguruan tinggi Indonesia beserta riset dan inovasinya berkelas dunia.

“Peran pemimpin sangat vital bagi sebuah institusi. Terlebih pemimpin perguruan tinggi, tanggung jawabnya sangat besar sebab mereka dituntut untuk cakap mengelola institusi dan organisasi secara sehat, tetapi tidak boleh melupakan tugas mereka sebagai seorang dosen dan ilmuwan,” terang Dirjen Ghufron.

Terkait hal tersebut, Academic Leader Award tahun 2018 tidak hanya diperuntukkan bagi dosen yang sepanjang kariernya telah menghasilkan penelitian, inovasi, dan publikasi yang bermanfaat bagi pembangunan nasional saja, tetapi juga ada kategori bagi para dosen yang diberi tugas tambahan sebagai rektor atau direktur perguruan tinggi Indonesia.

Untuk dosen sebagai Academic Leader, kategori penghargaan terdiri atas tujuh bidang, meliputi: 1) sains; 2) teknologi; 3) sosial humaniora; 4) seni dan budaya; 5) kesehatan; 6) pertanian; dan 7) kemaritiman. Sementara untuk dosen dengan tugas tambahan sebagai rektor dikualifikasikan berdasarkan: 1) rektor di PTN-BH; 2) rektor di PTN BLU; 3) rektor atau direktur PTN Satker; dan 4) pemimpin PTS.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini