Share

Instruktur Safety Driving Sebut Bahu Jalan Neraka bagi Pengemudi Ngebut

Mufrod, Okezone · Jum'at 14 September 2018 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 14 15 1950540 instruktur-safety-driving-sebut-bahu-jalan-neraka-bagi-pengemudi-ngebut-7d8jUVw4FK.jpg Mazda 2 alami kecelakaan (Foto: Anggun Tifani/Okezone)

JAKARTA - Kecelakaan mobil hatchback yang menghantam bagian samping truk kontainer menambah pengalaman terhadap besarnya risiko memasuki bahu jalan dengan kecepatan tinggi.

Terkait fungsinya dari Peraturan Pemerintah Nomor 15 2005 tentang jalan bebas hambatan, aturan yang boleh dan tidak dilakukan pada jalur tersebut, dijelaskan pada pasal 41 ayat 2.

 

Dimana penggunaan bahu jalan diatur sebagai berikut.

a. Digunakan bagi arus lalu lintas pada keadaan darurat.

b. Diperuntukkan bagi kendaraan yang berhenti darurat.

c. Tidak digunakan untuk menarik/menderek/mendorong kendaraan.

D. Tidak digunakan untuk keperluan menaikkan atau menurunkan penumpang dan (atau) barang dan (atau) hewan.

Dalam aturan tersebut jelas disebutkan bahu jalan tidak diperuntukkan untuk mendahului kendaraan dalam kondisi apapun. Peristiwa kecelakaan di Tol Jakarta-Tangerang Km 21 arah Tangerang. Berdasarkan informasi kepolisian terjadi akibat pengemudi menggunakan bahu jalan untuk mendahului dan menabrak truk yang tengah berhenti darurat akibat pecah ban.

 

Peristiwa kecelakaan tersebut menurut Jusri Pulubuhu, Founder and Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), sebagai faktor nekatnya pengemudi menggunakan bahu jalan untuk mendahului kendaraan lain dengan kecepatan tinggi.

"Sudah banyak terjadi peristiwa kecelakaan di bahu jalan, akibat pengemudi mendahului kendaraan lain atau kondisi macet dengan memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi," tegas Jusri, saat dihubungi Okezone, Jumat (14/9/2018).

 

Saat pengemudi melakukan hal tersebut, lanjut Jusri, memang banyak yang beruntung terlepas dari risiko kecelakaan, namun ada juga yang mengalami kecelakaan seperti yang terjadi di tol Tangerang.

"Saat mengemudi di jalan tol baiknya perilaku mendahului jangan pernah menggunakan bahu jalan, jaga kecepatan secara konstan saat mengemudi,"pungkas Jusri.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini