Share

Baru Dibentuk 2018, Gebrakan Tim P3JH Dinilai Sangat Nyata

Amril Amarullah, Jurnalis · Jum'at 14 September 2018 13:18 WIB
https: img.okezone.com content 2018 09 14 453 1950402 baru-dibentuk-2018-gebrakan-tim-p3jh-dinilai-sangat-nyata-upJQ641f5l.jpg Kegiatan Petugas P3Jh selama di Tanah Suci (Foto: Amril/Okezone)
A A A

MADINAH - Petugas Pertolongan Pertama Pada Jamaah Haji atau P3JH dinilai memiliki peran dan tugas yang penting saat pelaksanan haji 2018, khususnya ketika fase Arafah, Mina, Muzdalifah (Armina).

Berdasarkan hasil evaluasi tim Penilai Petugas Haji 2018 menyebut tim ini bekerja secara baik. "Alhamdulillah, P3JH bekerja secara positif, dan sangat berperan sekali ketika di Armina," ujar Anggota Tim Penilai Kinerja Petugas Haji 2018, Noer Aliya Fitra, Jumat, (14/9/2018).

Noer mengatakan, P3JH telah menjalankan fungsi pelayanan di sektor khusus yang ditempatkan di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

"Selama ini kan seksus diisi tim Linjam (Perlindungan Jamaah) yang diisi personil TNI/Polri. Dengan adanya P3JH, mereka, dokter-dokter itu tahu P3K-nya seperti apa," ujar dia.

Peran P3JH juga sangat terlihat ketika operasional di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armina). Saat pelayanan di Jamarat, pos-pos yang diisi oleh Linjam dan Tim Gerak Cepat (TGC) bentukan Kementerian Kesehatan.

"Tiga unsur ini bisa sinkron dan banyak membantu jamaah ketika kelelahan," tuturnya.

Noer merekomendasikan agar pemerintah menambah personil dan 'persenjataan' mereka. Dengan kelengkapan itu tim P3JH, tahun depan diharapkan dapat lebih cepat memberikan pertolongan pertama yang bersifat medis.

"Bisa ditambah dan diperlengkapi senjata mereka seperti penambahan kursi roda. Tidak hanya sekadar menandu dan mendorong," ujar dia.

P3JH dibentuk berdasarkan unsur medis. Para dokter dari TNI-Polri, universitas Islam dan rumah sakit Islam direkrut untuk memberi pertolongan pertama pada jamaah haji.

Secara terpisah, Direktur Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Khorizi H.Dasir mengaku bersyukur, baru dibentuk tapi tim P3JH sudah diakui dan sukses menjalankan tugasnya. "Insya Allah, pasti tahun depan akan ada penambahan personel, apalagi ini dinilai positif berhasil," ujar Khorizi kepada Okezone.

Follow Berita Okezone di Google News

Dapatkan berita up to date dengan semua berita terkini dari Okezone hanya dengan satu akun di ORION, daftar sekarang dengan klik disini dan nantikan kejutan menarik lainnya

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini